Obyek Wisata Alam Kali Talang Balerante, Suguhkan Pesona Lereng Merapi.



Plt Bupati dengan latar belakang gubung Merapi berkabut
KLATEN MATTANEWS.COM - Plt Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani meresmikan Operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Makmur Desa Balerante kecamatan Kemalang Klaten. Peresmian badan usaha desa yang bergerak dalam pariwisata alam lereng Gunung Merapi tersebut, ditandai dengan pemotongan tumpeng disaksikan sejumlah pejabat Pemkab yang lain, kepala BPBD propinsi Jateng Sarwana, Pimpinan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) dan Utusan BNPB.

Camat Kemalang Priharsanto mengemukakan, Obyek Wisata Kali Talang desa Belerante baru dikelola masyarakat dan pemerintah desa sejak tiga bulan terakhir, Obyek yang berlokasi dilereng Gunung Merapi tersebut merupakana destinasi Klaten yang wajib dikunjungi karena memiliki pesona keindahan alam yang tak kalah eksotiknya dengan obyek wisata pegunungan lainnya.“ Kali Talalng merupakan bagian dari paket wisata di wilayah Kecamatan kemalang yang berupa Taman Deles Indah, Embung Tegalmulyo, Water Boom Keputran ‘’ jelasnya.

Plt Bupati Hajah Sri Mulyani mengemukakan, Ksli Talalng yang berada di Desa Baklerabte memang menyuguhkan pemandangan yang cukup mempesona, sehingga bila dicermati tidak kalah dengan obyek wisata alam lereng Merapi yang ada di sekitarnya. Sehingga mereka yang membutuhkan hiburan alam tak perlu jauh jauh pergi keluar kota.
salah satu keindahan bumi Kemalang
Menurut Hajah Sri Mulyani, meski Kali Talang menyuguhkan pemandangan yang mempesona namun pengunjung tetap hati-hati. Jangan sampai asyik menikmati pemandangan alam yang indah, kemudihan melupakan bahaya yang suatu saat kemungkinan muncul. “ Kali Talang balerante masuk daerah Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi maka pengunjung tetap dituntut waspada dan hati-hati bila terdapat tanda-tanda yang perlu segera dihindari ‘’ ujarnya mengungatkan masyarakat pengunjung.

Sekretaris Desa balerante Basuk didampingi kaur pembangunan Jaenu mengemukakn, obyek wisata Kali Talang yang relative masih baru dalam perjalanannya akan terus dilakukan pembenahannya. Bantuan dari Pemkab sebesar Rp 100 juta, akan digunakan sebagai modal pengembangan obyke wisata alam tersebut, sehingga kedepan pengunuung dapat mebaywa pulang souvenir dari daerah setempat.

Pengelola, kata Basuki lebih lanjut, menjalin kerjasama dengan pihak Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) yang punya lahan , telah menyiapkan tempat selvi bagi pengunjung yang berada diatas Kaliworo tersebut,serta  disiapkan Track (Jalur) Downhill yang ekstrim. Sehingga pengunjung selain dapat menikmati hamparan tebing indah dan alura sungai Woro juga bias menikmati keindahan alam yang lain.(mas/han)                      
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...