Romo Ignatius Slamet; Bijaklah Bermedia Sosial, Jangan Sebar Berita Hoax

Natalan bersama Korpri Kabupaten Klaten
KLATEN MATTANEWS.COM - Umat kristiani Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Klaten merayakan Natal tahun 2016 di Gedung Eko Kapti Klaten, Rabu (4/1). Natalan KOPRI ini mengusung tema “Hari ini telah lahir bagimu Juru Selamat, yaitu Kristus Tuhan di Kota Daud (Luk 2:11)”.

Ketua panitia perayaan Natal KORPRI Klaten Sumartono menyampaikan, pada perayaan Natal kali ini, KORPRI membantu dana untuk dua tempat ibadah, yaitu Kapel Karangnongko dan Gereja Adven Hari Ketujuh Klaten. “Selain itu, KORPRI juga memberikan bantuan pendidikan untuk 10 pelajar dari SD sampai SMA/SMK,” katanya.

Renungan Natal kali ini disampaikan oleh Pastor Paroki Maria Assumpta Klaten Rama Ignasius Slamet Riyanto, Pr. Dalam renungan, Rama Slamet mengatakan, kondisi bangsa Indonesia jadi seperti ini antara lain dikarenakan pengaruh media sosial.

“Di media sosial, orang bebas membuat status. Akibatnya, banyak orang selingkuh, padu (bertengkar), dan bahkan ada yang masuk penjara. Karena itu, berhati-hatilah dan bijaklah saat menggunakan media sosial,” kata rama.

Rama alumni SMK Petrus Kanisius Klaten ini mengingatkan, sekarang ini di media sosial sering bermunculan berita hoax, berita bohong yang belum tentu kebenarannya. Berita hoax ini sering menimbulkan permasalahan di masyarakat.  

“Untuk itu, saya mengajak umat yang hadir di sini untuk anti hoax. Jangan sebarkan berita kalau tidak tahu kebenarannya. Karena selama ini ada pandangan yang salah: orang merasa berjasa, kalau sudah ikut menyebarkan berita. Sebab mereka yang menerima kiriman berita tersebut belum tentu pendidikan atau pengalamannya cukup seperti kita. Ingat, bahwa wong pinter durung karuan bener, wong bener durung karuan pener. Sak beja-janene uwong, isih beja wong sing eling lan waspada,” pesan rama.

Perayaan Natal KORPRI Klaten ini berlangsung meriah. Acara diawali dengan menyanyikan lagu “Tanah Airku”. Natalan dimeriahkan oleh paduan suara dari SMP Kristen 1 Klaten dan SMP Pangudi Luhur 1 Klaten. Juga ada pentas dalang cilik dengan lakon Aji Narotama, serta dagelan dari Gareng Rakasiwi dan Wis Ben dari Yogya. Dalam Natalan KORPRI ini kolekte terkumpul Rp 3,3 juta. (mta)


Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...