Setelah Menunggu 8 Tahun, RSPD Klaten Akhirnya Punya Gamelan baru Ki Mirah Jenar.

Seperangkat gamelan baru Ki Mirah Jenar milik RSPD Klaten
Klaten Mattanews.Com - Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Klaten, utamanya para pecinta seni karawitan. Kini, Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Klaten telah memiliki seperangkat gamelan baru yang diberi nama Mirah Jinar. Peresmian penggunaan gamelan yang baru ini dilakukan Jumat (16/12) pagi di aula RSPD Klaten ditandai dengan pemukulan alat musik beduk oleh Bupati Klaten Sri Hartini.

Adanya seperangkat gamelan baru terbuat dari perunggu ini sngat diharapkan oleh para pelaku seni di Klateen. Hal ini guna melestarikan budaya adi luhung asli jawa yakni kerawitan atau klenengen. RSPD sendiri pernah punya gamelan namun mengalami kerusakan hebat setelah paa tahun 2008, ruangan studio RSPD Klaten mengalami kebakaran. Dalam peristiwa tersebut seperangkat gamelan dan benda lainnya hangus terbakar.

Dalam kesempatan itu kepala RSPD Klaten Moh Isnaeni mengucapkan terima kasih kepada Bupati Klaten yang telah menanggapi permintaan dari masyarakat, utamanya para seniman dan pecinta seni karawitan, sehingga RSPD kembali punya gamelan. “matur nuwun ibu Bupati amargi ibuk sampun kerso nyembadani nopo ingkang dipun suwun poro pelaku seni ing Klaten”, ujarnya dalam bahasa jawa.
Bupati Sri Hartini pukul alat musik beduk tandai penggunaan gamelan ki Mirah jenar.
Sementara Bupati Klaten Sri Hartini berharap, keberadaan gamelan ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai kegiatan seni. Sebagai salah satu alat musik tradisional jawa, hendaknya keberadaan seperangkat gamelan bisa untuk melestarikan dan mengenalkan budaya jawa kepada generasi penerus.

“Wayang, kerawitan atau klenengan adalah budaya asli jawa peninggalan leluhur. Hendaknya ini dapat kita lestarikan dan kita kenalkan pada anak anak kita dan generasi penerus, agar budaya asli kita tidak hilang dan tergantikan dengan budaya luar. Semoga dengan gamelan ini krawitan dan klenengan di RSPD bisa bangkit dan bergairah lagi seperti dulu”, harap bupati.

Dalam acara tersebut Bupati dan rombongan juga berkenan menikmati gending Klaten Bersinar yang ditabuh oleh Paguyuban Karawitan Cahya Laras pimpinan Ki Wito Radyo. Gamelan baru yang didominasi warna merah dan kuning emas diberi nama Mirah Jenar tersebut, dibeli dari pengrajin gamelan Suwardi, mantan anggota DPRD Kabupaten Boyolali. (suk 6)
  
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...