Pengrajin Tahu Tempe Kopti Pedan Klaten, Harapkan Agro Techno Park Mampu Kembangkan Swadaya Kedelai DiKlaten.

Wahyu Hariyadi Bapeda saat memberi penyuluhan pada peserta
Klaten Mattanes.Com - Unit Pelayanan Tehnis (UPT) Balai Benih Tanaman Humo Disopertan Klaten menyelenggarakan Hilirisasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Pertanian Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Kegiatan diikuti oleh ratusan peserta utusan dari pengurus Kelompok Tani dan Pejabat instansi dibuka bupati Klaten Sri Hartini yang diwakili Asisten 2 Setda Slamet Widodo.

Bupati Klaten Hajah Sri Hartini dalam sambutan tertulisnya mengatakan, pembangunan sektor pertanian di Klaten mempunyai arti penting dan sretegis,mengingat daerah ini merupakan salah satu penyangga pengan Jawa Tengah. Walau dalam pandangan ekonomi wilayah sektor pertanian tidak lagi memberikan kontribusi besar namun secara geliat sektor pertanian masih dominan di hampir seluruh wilayah pedesaan.

Kepala Bidang Ekonomi BAPEDA Wahyu Haryadi mengatakan, Agro Techno park (ATP) di Klaten yang dimuai pada tahun 2015 bekerjasama dengan BATAN melakukan usaha pertanian terpadu berbasis keunggulan potensi lokal. Kegiatan yang mulai dilaksanakan di desa Sentono Karangdowo dengan melakukan budidaya Padi, Kedelei dan Penggemukan ternak sapi sebagai plasmanya.

“untuk mendukung ATP diaakan sekolah lapang pertanian terpadu, termasuk penenaman Refogika disekitar pematang sawah dan pelatihan pembuatan fermentasi jerami untuk pakan ternak dan lainnya ”ujar Wahyu
Sementara Ketua Primkopti Pedan Sudiro mengemukakan, anggota Primkopti di Klaten saat ini sebanyak 475 orang terdiri 340 pengrajin tempe dan 135 pengusaha,  dengan kebutuhan kedelei sebanyak 1.025 Ton atau 12 ton/tahun. Namun dari jumlah tersebut daerah setempat baru mampu memenuhi 15 prosen dari kebutuhan dan sisanya masih import dari Amerika.

“Kami selaku pelaku dilapangan sangat berharap kedepan BATAN mampu memenuhi kebutuhan kedelai anggota Primkopti Klaten. Sehingga pegerajin tidak lagi menggantungan kedelai impor”, tegasnya. (han/suk)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...