1 Tahun Kepemimpinan Sri Hartini, Klaten Dapat Suntikan Dana Sebesar Rp 55,6 Milliar. Sukses Kelola Anggaran Keuangan.

Kepala DPPKD Kab Klaten Sunarno SH bersama Bupati Klaten Hj Sri Hartini SE
Klaten Mattanews.Com -  Kabupaten Klaten mendapat tambahan dana segar dari dari pemerintah pusat sebesar 55,6 milyar. Penambahan tersebut berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) yang di berikan oleh Kementrian keuangan, karena Klaten di nilai positif dalam pengelolaan anggaran tahun lalu. Hal ini tak lepas dari sukses Pemkab Klaten meraih predikat  WTP dalam pelaporan pengelolaan anggaran belanja daerah. Dan dalam sejarah perjalanan Pemkab Klaten baru pertama kali terjadi. Dan ini terjadi di satu tahun kepemimpinan Hj Sri Hartini sebagai Buapati Klaten.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Klaten, Sunarno mengatakan, DID sendiri merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah atas  keberhasilan dalam pengelolaan keuangan serta kinerja pemerintah daerah dalam pelayanan publik.

“Tidak semua daerah mendapatkan reward semacam itu. Sebab ada sejumlah indikator yang menjadi pertimbangan suatu daerah mendapatkan reward DID” terang Sunarno, kepala DPPKAD Kabupaten Klaten.

Katagori penerima DID lanjutnya, berdasarkan beberapa indikator penilaian, se-tidaknya ada dua puluh lima indikator.Namun yang menjadi kreteria utama penilaian DID adalah mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Selain itu, ketepatan penyusunan APBD 2016 sesuai ketentuan pemerintah pusat.

Lebih lanjut Sunarno mengatakan, anggaran sebessar 55,6 milyar tersebut rencananya di alokasikan untuk ifrastruktur jalan.yang akan di realisasikan pada APPBD tahun 2017. “ Sembilan puluh persen dana DID akan di alokasikan untuk infrastruktur jalan” ungkapnya.

Tidak semua daerah dapat bonus dana DID, semua tergantung dengan keberhasilan kinerja daerah. Sementara dalam hal Klaten menduduki pringkat pertama (1) se wilayah karisidenan Surakarta dengan nilai 77,64. Dari seluruh kabupaten se Indonesia hanya 392 kabupaten yang berhak mendapatkan bonus dana DID.

Karena prestasi itulah maka Klaten mendapat tambahan dana segar dari pemerintah pusat yang berupa DID ( Dana Intensip Daeraah) sebesar Rp 55.6 milliar. Dana sebesar itu berasal dari hadiah WTP dan tepat waktu dalam penganggaran APBD sebesar Rp 7,5 milliar dan penilaian kinerja daerah yang baik sebesar Rp 48,1 milliar. 1 tahun Bupati Klaten Sri Hartini memimpin Klaten ternyata mampu membuat perubahan siginifikan dengan hasil yang luar biasa. Jika kita bandingkan dengan kinerja di  tahun 2014 – 2015 maka terjadi peningkatan perubahan kinerja yang lebih baik.(alfarought)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...