Saatnya Berhemat. Pemkab Klaten Gelar Sosialisasi Hemat Listrik Dan Air Dengan 140 Peserta.

Sosialisasi hemat listrik dan air oleh Pemkab Klaten
Klaten Mattanews.Com – Bertempat di ruang rapat B2 Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Klaten Rabu (30/11) diselenggarakan Acara Sosialisasi Pengelolaan dan Pembudayaan Hemat Energi dan Air. Kegiatan berlangsung sehari  diprakarsai Pemkab Klaten melalui Bagian Prekonomian diikuti oleh 140 peserta utusann dari Satuan Kerja Perangkat Daerah, kecamatan, Puskesmas,Badan Usaha Milik Negara/Daerah (BUMN/BUMD).

Kepala Sub Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Bagian Pererkonomian Setda, Nasyrun Setyadi  mengatakan, tujuan sosialisasi sebagai sarana koordinasi dalam rangka pengelolaan dan pembudayaan hemat energi dan air di Klaten. Sehingga diharapkan terjadi perubahan perilaku para pegawai dalam unit kerja dalam menghemat energi dan air sehingga mampu menghemat konsumsi energi listrik, air dan BBM hingga 20 prosen.

Ditemui usai acara Narun Setyadi mengemukakan, beban APBD Klaten setiap bulan untuk pembayaran listrik dan Air bagi Pemda I dan Pemda II(BAPEDA dan Dinsosnaktretran) ditambah Rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati mencapai sekitar Rp 100 juta. Sementara beban untuk keseluruhan instansi yang ditanggung Pemkab berkisar Rp. 1 milyar. Untuk itu sudah saatnya semua jajaran instansi terkait segera merubah perilaku untuk hemat energi dan air.

Asisten II setda Slamet Widodo melaui Kabag Perekonomian Cahyo Dwi Suyanto mengatakan, Sosialisasi Pengelolaan dan Pembudayaan Hemat Energi dan Air dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Inpres Nomor 13 tahun 2011 tentang tentang Penghematan Energi dan Listrik. Inpres tersebut mengintruksikan agar seluruh Meneteri, Gubernur, Bupati dan Wali kota terasuk BUMN dan BUMD melakukan langkah sebagaimana Inpres dimaksud.  “ Langkah tersebut dilakukan dengan membentuk Gugus Tugas Penghematan Energi dan Air dilingkungan masing-masing SKPD ditindak lanjuti dengan pelaporan rutin setiap bulannya “ ujarnya.(ana/han)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...