Klaten Vokasi 2016. SMK Siap Songsong MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)

Sekda Klaten Joko Sawaldi tinjau stand anak SMK Klaten
Klaten Mattanews.Com - 40 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Klaten ikut berpartisipasi dalam Klaten Vokasi ke-5 tahun 2016. Mengusung tema “SMK Siap Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” kegiatan yang  digelar di Gor Gelarsena Klaten, 9-10 November 2016 dibuka langsung Sekda Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi.

Mewakili Bupati Klaten, Jaka Sawaldi dalam sambutannya  menyambut baik kegiatan yang diprakarsai Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Klaten tersebut. “Kami menyambut positif diadakannya Klaten Vokasi ini. Dalam kegiatan ini kita bisa melihat sejauh mana SMK menyiapkan lulusannya dalam menghadapi MEA. Di samping itu, sekolah juga bisa menampilkan produk-produk unggulannya,” katanya.

Lebih kanjut, Jaka Sawaldi menyatakan sejak 1 Januari 2016 Indonesia sudah masuki era MEA. Maka, Indonesia perlu menyiapkan dengan baik sumber daya manusia (SDM) kerja dan produk unggulannya. Salah satu caranya dengan melalui ekspo, vokasi, dan sebagainya.

“Warga masyarakat diharapkan mendukung sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu caranya melalui imbal swadaya. Dan syaratnya, hal itu harus bisa dikomunikasikan dengan dengan baik. Sehingga sekolah memiliki satu unggulan kompetensi yang menjadi rujukan,” harapnya.

Sementara itu, panitia penyelenggara Klaten Vokasi Woro Nugroho menjelaskan, Klaten Vokasi ini diikuti oleh 40 sekolah dari 56 SMK swasta dan negeri di Kabupaten Klaten. Dalam kegiatan ini, sekolah menampilkan produk unggulannya baik di bidang barang maupun jasa.

“Klaten Vokasi ini merupakan bentuk apresiasi kita terhadap anak didik agar mereka menjadi lebih percaya diri. Juga memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai apa yang telah dicapai oleh SMK. Sebab dalam vokasi ini dipamerkan produk-produk nyata dari anak-anak SMK,” paparnya.

Usai pembukaan, Jaka Sawaldi melakukan peninjauan ke stand-stand SMK. Dan untuk menyemarakkan kegiatan, diadakan peragaan busana yang dilakukan oleh sejumlah pelajar SMK dari kelompok pariwisata.( faroq/suk)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...