Kemudo Masuk Nominasi 3 Besar Lomba HKG Hatinya PKK Tingkat Jawa Tengah.

Tim Penilai PKK Tingkat Propinsi saat menilai desa Kemudo Prambanan
Klaten Mattanews.Com - Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan berhasil masuk tiga besar Lomba Hari Kesatuan Gerak (HKG) Hatinya PKK tingkat Provinsi Jawa Tengah. Penilaian Lomba HKG Hatinya PKK dilakukan oleh Tim penilai dari  PKK Provinsi Jawa Tengah pada Selasa (22/11). Kemudo masuk 3 besar Lomba HKG Hatinya PKK Jawa Tengah bersama Kabupaten Wonosobo dan Purbalingga.

Tim Penilai Lomba HKG Hatinya PKK Jawa Tengah di desa Kemudo disambut Camat Prambanan, Kepala Desa Kemudo, Tim Penggerak PKK Desa Kemudo, dan sejumlah warga. Usai menerima penjelasan dari Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kemudo Ny Hermawan Kristanto, tim penilai langsung meninjau ke pekarangan warga. 

Penilaian Lomba HKG Hatinya PKK ini mengenai pola hidup bersih dan sehat yang meliputi kebersihan keluarga dan lingkungan masyarakat. Termasuk didalamnya pengelolaan sampah, pemanfaatan lingkungan pekarangan untuk apotik hidup, serta warung dan lumbung hidup.

Sementara itu terkait kegiatan warganya Kepala Desa Kemudo Hermawan Kristanto menyampaikan, gerakan pemanfaatan lingkungan pekarangan di desanya sudah dimulai sejak tahun 2013. Awalnya, dimulai dari kelompok Dasa Wisma di beberapa dukuh. Dan sekarang, sudah menjadi gerakan bersama tingkat desa.

“Dari 1.508 kepala keluarga (KK) di Desa Kemudo, sudah 75% lebih keluarga yang memanfaatkan lingkungan pekarangan untuk ditanami sayuran dan buah. Rata-rata, warga menanamnya dalam polybag. Sementara masalah cuaca yang tidak menentu menjadi kendala utama yang dihadapi,” katanya.

Camat Prambanan Suhardi mengapresiasi positif gerakan pemanfaatan lingkungan pekarangan di Desa Kemudo. “Saya mengapresiasi positif gerakan menanam sayuran dan buah di pekarangan dan di polybag ini. Karena gerakan ini mampu meningkatkan pendapatan keluarga dan dapat memperbaiki gizi. Saya berharap, desa-desa lainnya di Kecamatan Prambanan mau meniru apa yang dilakukan di Desa Kemudo,” harapnya.(Lsuk.8)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...