Jembatan Sabrang Kayumas Senilai Rp 6,2 Milliar Segara Berfungsi, Hubungkan Klaten - Boyolali di Lintas Utara.

Kepala PU dan ESDM Klaten Ir Tajudin Akbar dan staf tinjau jembatan
Klaten Mattanews.ComJembatan Sabrang yang melintang diatas jurang sungai sedalam lebih dari 20 meter dalam waktu dekat sudah bisa digunakan. Ini berarti akses jalan dari Desa Kayumas ke desa Mundu dan wilayah kecamatan Musuk Boyolali akan semakin lancar. Jembatan dengan kontruksi baja ini dijadualkan sudah bisa digunakan pertengahan Desember 2017 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan ESDM Klaten Ir Tajudin Akbar saat melakukan sidak ke lokasi jembatan Selasa siang (22/2) menjelaskan jembatan bernilai sekitar Rp 6,2 milliar tersebut dikerjakan sejak Agustus lalu dan sesuai kontrak, maka harus selesai pada Desember mendatang. Dan dari kondisi yang ada pekerjaan pembuatan jembatan Sabrang bisa dikatan sudah selesai 95 persen. Jembatan Sabrang memiliki bentang 60 meter, lebar 7 meter dengan ketinggian jembatan sekitar 7,5 meter. Sedang ketinggian dari dasar sungai sekitar 20 meter.

“Kita menggunakan kontruksi baja tanpa tiang penyangga, karena kondisi sungai atau jurang yang berhulu di gunung Merapi ini jika musim hujan sering terjadi luapan banjir disertai matrial batu, sehigga riskan terjadi benturan. Saya berharap dengan dibangunnya jembatan ini warga iku menjaganya dengan cara tidak melakukan penambangan pasir atau batu disekitar jembatan”, harapnya.  
Jembatan Sabrang Kayumas Jatinom( tampak sisa tiang jembatan lama)
Sementara beberapa warga mengaku senang dan bersykur Pemerintah kabupaten Klaten cepat daan tanggap menyikapi apa ayang menjadi harapaan warga Kayumas dan sekitarnya. Menurut warga jembatan yang lama rapuh dan hancur karena selain umurnya sudah tua sering dihantam banjir matrial. Dengan selesainya jembatan yang baru warga bersyukur karena lalu lintas kembali normal dan lancar.

“Akses kedua desa dan akses ke Boyolali wilayah selatan lewat jalur ini kembali lancar. Sehingga kita bisa menyingkat waktu dan jarak jika berpergian dan mudah dalam membawa hasil pertanian dari ladang ke pasar kota”, ujar warga setempat.(tev)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...