Guna Transparasi Penggunaan Dana Desa. Mulai 2017 Klaten Berlakukan Siskeudes

Sekda Joko Sawaldi dan Asisten I Edy Hartanto saat bimtek siskeudes
Klaten Mattanews.ComSeluruh desa di Kabupaten Klaten Jawa Tengah mulai tahun 2017 akan memberlakukan sistem keuangan desa (Siskeudes). Untuk itu saat ini  Pemkab Klaten mengadakan bimbingan teknis (bimtek) sistem keuangan desa bagi pengelola keuangan desa di Kabupaten Klaten tahun 2016 di Hotel Grand Tjokro Klaten Senin (7/11).

Sekda Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi usai pemaparan materi menyampaikan, bimtek Siskeudes ini diadakan oleh Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Klaten bekerjasama dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Yogyakarta.

“Dalam bimtek Siskeudes ini, nara sumber memberikan materi mengenai sistem keuangan desa yang akan diterapkan nantinya. Siskeudes ini merupakan produk dari Kementerian Dalam Negeri RI. Sistem ini sudah diakui dan akan diberlakukan di seluruh desa di Indonesia,” katanya.

Sekda Jaka Sawaldi menjelaskan, Siskeudes ini bertujuan untuk memudahkan dalam pengajuan, pencairan, penggunaan, pengelolaan, dan pelaporan, baik itu dana desa, alokasi dana desa, dan sebagainya.

“Selama ini memang belum ada sistem (pengelolaan keuangan desa) yang baku. Karena selama ini masih menggunakan sistem manual. Siskeudes ini diberikan secara gratis, dan akan digunakan pada tahun 2017,” ujarnya.

Menurut Jaka Sawaldi, selama ini, pemerintah desa masih menggunakan sistem manual. Akibatnya, di beberapa desa, kepala desa sering bertindak one man show. “(Admintrasi) apa saja dikerjakan oleh kepala desa. Sehingga bendahara desa hanya simbolis saja,” ucapnya. Nantinya, lanjut Joko  ketika sumber daya manusia (SDM) pemerintah desa sudah siap, maka Siskeudes ini akan dengan mudah dapat dilaksanakan. Dengan kelebihan mudah dimonitor dan transparan.

“Sistem ini online. Sedang kendali sistemnya di tingkat kabupaten. Sehingga Pemkab bisa memonitor desa mana yang belum ada penyerapan dana. Kalau sudah penyerapan dana, sejauh mana dana itu digunakan, dan sebagainya,” terangnya.

Terkait, Asisten Bupati Bidang Pemerintahan, Edy Hartanto mengatakan, bimtek Siskeudes ini berlangsung 5 hari. Untuk bimtek gelombang pertama ini diikuti 80 orang dari Satuan Kerja Perangkat Desa (SKPD) Kabupaten Klaten. “Selanjutnya, semua desa di Kabupaten Klaten akan mendapat bimtek Siskeudes ini secara bergiliran sesuai jadwal,” terangnya. (suk/red7)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...