Ada Wacana, RPJMDes Akan Direvisi, Guna Kelola Dana Desa

Gambar ilustrasi dana desa yang akan terus mengalir ke Desa (ft ist)
Klaten Mattanews.Com - Pemerintah mewacanakan adanya revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang saat ini berlaku. Pemerintah juga menginstruksikan agar setiap desa segera membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).  Hal tersebut disampaikan Camat Wedi Kukuh Riyadi pada pertemuan rutin Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Kecamatan Wedi di Balai Desa Sukorejo, Kamis (10/11).

“Belakangan ini, Pemerintah mewacanakan revisi RPJMDes. Dalam wacana itu juga disampaikan, setiap desa harus punya BUMDes,” katanya.

Kukuh Riyadi menyatakan, setiap desa sebaiknya mempunyai BUMDes. “Sekarang ini, setiap tahun, desa mendapat dana desa (DD), alokasi dana desa (ADD), dan bantuan keuangan lainnya. Nah, suatu saat, yang namanya program pembangunan sarana dan prasarana itu akan rampung.  Lha, kalau semua sarana dan prasarana fisik itu sudah dibangun, lalu dana desa itu untuk apa lagi? Maka, desa perlu membentuk BUMDes,” terangnya.

Camat Wedi berharap, dengan adanya BUMDes ini kesejahteraan rakyat di desa akan meningkat. “Setiap desa sebaiknya mempunyai BUMDes. Selain itu, setiap desa juga harus mempunyai produk unggulan. Sehingga masyarakat benar-benar dapat menikmati kesejahteraan dari program yang dibuat Pemerintah. Karena pada prinsipnya, Pemerintah itu ingin menyejahterakan rakyatnya,” ucapnya. (Lta.2)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...