22 Group Ikuti Festival Kerawitan Di Pendopo Kabupaten Klaten.

Salah satu peserta saat tampil dihadapan dewan Yuri dan penonton
Klaten Mattanews.Com - Dewan Kesenian Kabupaten Klaten bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Klaten mengadakan Festival Karawitan se Kabupaten Klaten di Pendopo Kabupaten Klaten, Jumat (25/11). Festival Karawitan ini diikuti 25 kelompok karawitan di Klaten.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Klaten FX Setyawan DS menyampaikan, festival karawitan ini bertujuan untuk nguri-uri seni dan budaya Jawa, utamanya karawitan. “Kita bersyukur, masyarakat Jawa mempunyai seni dan budaya yang sangat beragam. Maka untuk menjaga kelestarian seni dan budaya tersebut kita perlu melakukan sesuatu. Salah satunya dengan mengadakan festival karawitan”, tandasnya.

Menurut maantan anggota DPRD Klaten ini untuk nguri – uri  seni dan budaya yang ada pihaaknya menempuh Tri Karya Budaya”. Pertama, meluhurkan seni dan budaya. Kedua, melestarikan seni dan budaya. Dan ketiga, mengembangkan seni dan budaya.

“Di Dewan Kesenian Kabupaten Klaten ini ada sembilan komite yang mengurusi seni dan budaya. Komite ini bertugas untuk terus menghidupi dan melestarikan seni dan budaya yang ada di Klaten. Misalnya dengan mengadakan berbagai festival seni dan budaya,” katanya.

Sekretaris Disbudparpora Kabupaten Klaten Sutopo menjelaskan  peserta yang mengikuti festival karawitan terus meningkat. Tahun lalu peserta hanya  ada 16 kelompok. Sementara tahun ini menigkat menjadi  25 peserta. Padahal panitia sudah melakukan pembatasan. “ Peningkatan ini me nunjukkan anak anak kita sudah mulai mencintai seni budayanya sendiri”, ujarnya.

Sementara salah satu peserta dari Paguyuban Karawitan Anak Parikesit Paroki Wedi, Yosef Bergas Rosarianto mengaku gembira bisa tampil di festival karawitan ini. “Saya gembira bisa ikut festival karawitan ini. Karena bisa mengetahui sejauh mana hasil latihan.  Selain itu saya berharap festival karawitan seperti ini bisa diadakan setiap tahun,” harapnya.  

Dalam festifal tersebut setiap kelompok minimal harus memiliki 22 personil. Dalam unjuk kebolehan tiap peserta diberi waktu 15 menit untuk memainkan gending atau alunan musik apa saja sesuai kemampuannya.( l.suk10)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...