Warga Bometen Gantiwarno "Mengungsi" Lereng Pegunungan Kendeng Rawan Longsor.

Rumah warga yang terancam longsor (foto Ayub)
Klaten Mattanews.Com - Gantiwarno-- Sebanyak 17 rumah yang berada di Dukuh Bometen, Desa Ngandong, Kecamatan Gantiwarno Klaten Jawa Tengah, rawan terdampak longsor dari tebing setinggi 7 meter dilereng pegunungan kapur yang masuk wilayah Gunung Kidul. Sekitar 65 Warga terpaksa mengungsi jika turun hujan deras karena rumahnya hanya berjarak 2 meter dari tebing. Diwilayah ini memang rawan longsor apalagi jika turun hujan lebat.

“Tebing sepanjang 50 meter yang dibangun beberapa waktu lalu kondisinya saat ini sangat memperihatinkan dan rawan jebol. Sehinga jika turun hujan air deras yang mengalir dari atas bukit sering membawa matrial batu dan menimpa rumah kami”,  ujar mbah Kirno, (70) warga setempat.

Menurut Kirno warga lebih memilih ngungsi ke rumah warga atau saudara dikampung sebelah jika turun hujan deras. Bahkan akhir Setember kemarin semua warga mengungsi karena hujan deras dan angin besar sempat membuat beberapa pohon tumbang dan menghanyutkan matrial batu kecil dari tebing. ”akhir September kemarin, kami semua sempat mengungsi”.ujarnya.
 
Pegunungan Kapur (Kendeng) yang membentang di Jawa bagian selatan
Wilayah ini sempat mengalami longsor besar pada tahun 2015, dimana pada saat itu tanggung sepanjang 50 meter jebol dan beberapa rumah penduduk rusak berat. Beruntung pada peristiwa tersebut tidak sepat menimbulkan korban jiwa hanya kerugian matrial ratusan juta. Peristiwa ini hingga saat ini masih membuat warga trauma sehingga jika turun hujan warga lebih baik mengungsi.

Kepala Desa Ngandong kecamatan Gantiwarno, Surat membenarkan hal tersebut. Pihaknya tidak bisa berbuat banyak, selain koordinasi, karena bangunan talud milik pemerintah Gunung Kidul. “Yang dapat kita lakukan hanya koordinasi dengan pemerintah Gunung Kidul. Dan warga kita minta tetap waspada, apalagi jika turun hujan deras yang disertai angin”, ujarnya.(yub/red)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...