Peradi Solo Lakukan Upaya Hukum Atas penangkapan Sigit.

Anggota Peradi saat diskusi
Klate Mattanews.Com - Pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi ) Solo akan melakukan upaya hukum terkait penangkapan salah satu anggotanya, Sigit Pratomo yang di lakukan oleh satuan reserse kriminal Polres Klaten di lingkungan Pengadilan Negeri (PN) Klaten beberapa waktu lalu.

Menurut ketua Peradi Solo Badrus Zaman, tindakan yang di lakukan oleh satuan reserse kriminal polres Klaten di nilai menodai martabatprofesi Advokat. Hal itu di ungkapkannya seusai mengunjungi pengadilan negeri Klaten, Jumat (30/9).

“Saat penangkapan , tidak ada surat pemberitahuan kepada PN Klaten, untuk itu kami akan mengambil langkah hukum terkait penangkapan rekan Sigit” ungkap Badrus Zaman ketua DPC Peradi Surakarta.
Apa yang telah di lakukan oleh satuan reserse kriminal Polres Klaten terindikasi menyalahi aturan dan prosedur dalam penangkapan. Di jelaskan oleh Badrus Zaman, untuk melakukan penangkapan terhadap seseorang yang tidak tertangkap tangan dalam tindak pidana, terlebih dahulu di lakukan pemanggilan dan pemeriksaan, namun hal itu tidak di lakukan oleh pihak Kepolisian Klaten.

Selain itu, adanya MOU antara Kepolisian dan Peradi terkait dengan penangkapan terhadap Advokat harus ada surat pemberitahuan terlebih dahulu terhadap pengurus Peradi, yang mana surat tersebut akan di tindak lanjuti DPC Peradi dengan pemeriksaan internal terlebih dahulu.

Beberapa waktu lalu, Sigit Pratomo yang berprofesi sebagi  advokat di tangkap usai mendampingi salah satu kliennya  di lingkungan Pengadilan Negeri Klaten atas dugaan penipuan terhadap warga Karanganom. Namun setelah menjalani pemeriksaan dan tidak terbukti melakukan tindak pidana penipuan akhirnya Sigit Pratomo di bebaskan.(hil)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...