Pakisan Juara Pertama Lomba Desa Ramah Lingkungan Sabet Uang Pembinaan Rp 15 Juta.

Wakil Bupati Klaten Hj Sri Mulyani bersama para pemenang lomba desa
Klaten Mattanews.ComBertempat diruang B.2 kanator Pemda Klaten  Selasa (11/10) wakil bupati Klaten Hj Sri Mulyani menyerahkan hadiah pemenang Lomba Desa/Kalurahan Ramah Lingkungan tahun 2016 yang dilanjutkan dengan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Skala Rumah Tangga. Penyerahan hadiah total sebesar Rp. 41 juta dimana desa Pakisan Kecamatan Cawas Klaten Jawa Tengah keluar sebagai juara pertama dan berhak menerima uang pembinaan sebesar 15 juta.

Selain Pakisan tampil pula sebagai juara II desa  Krecek kecamatan Delanggu berhak atas uang pembinaan Rp. 10 juta, desa Kemudha kecamatan Prambanan dengan uang pembinaan Rp.7 juta. Pemenang Harapan 1, 2 dan 3 desa Kalitengah Wedi, desa Bero kecamatan Trucuk dan kalurahan Gergunung kecamatan Klaten Utara  masing-masing memperoleh hadiah sebesar Rp. 3 juta. .

Plt Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Alwan Sumardiyanto mengatakan, penilaian yang dilakukan oleh 15 personil dari BLH dan 8 personil dari instansi terkait dan PKK dilakukan secara obyektif langsung ke lapangan mengacu 9 kriteria mempertimbangkan beberapa kelebihan yang ada di lokasi. Lomba diikuti 25 desa/kalurahan wakil kecamatan terbut, indikatornya antara lain organisasi masyarakat bidang lingkungan, pengelolaan sampah,sanitasi lingkungan,sisitem konservasi air,pencemaran udara dan lain-lain.

Sementara Wakil bupati Klaten Hajah Sri Mulyani ditemui usai acara berlangsung mengatakan, keberhasilan setempat  pengelolaan sampah yang terjadi selama ini tidak lepas dari peran anggota PKK desa/kalurahan   yang setiap saat selalu mendapat sosialisasi dan arahan pentingnya mengelola sampah. Mereka kebanyakan sudah melakukan pemisahan sampah plastik dan non plastik dan pemanfaatannya.

“Peran anggota PKK kecamatan desa/kalurahan hingga RT RW cukup besar dalam keberhasilan pengelolaan sampah rumah tangga. Dan saya meminta agar desa yang belum bisa tampil sebagai juara hendaknya bisa meningkatkan kebersihaan dimasing-masing wilayahnya demi hidup yang sehat, nyaman dan bebas penyakit “ tambahnya.(han/red)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...