Klaten Masih Kekurangan 5000 Tenaga PNS. Tiap tahun 600 Pegawai Pensiun.

Kabid Mutasi BKD Pemkab Klaten Slamet
Klaten Mattanews.ComPemerintah Kabupaten Klaten Jawa Tengah ternyata saat ini masih kekurangan sekitar 5000 tenaga kerja PNS.  Setiap tahun rata rata jumlah pegawai yang memasuki masa pensiun atau purna tugas sekitar 650 PNS. Sementara kebijakan pemerintah terkiat pengangkatan pegawai negeri sipil hingga saat ini belum ada regulasi formasi pengisian.

“ Saat ini Pemkab Klaten masih kekurangan sekitar 5000 tenaga kerja PNS. Jumlah terbesar didominasi tenaga di dunia pendidikan seperti guru menyusul tenaga kesehatan. Sekitar 650 pegawai di jajaran pemda Klaten memasuki masa pensiun”, demikian ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemkab Klaten melalui Kabid Mutasi Slamet.

Menurut Slamet untuk tahun ini ada sekitar 641 PNS di lingkungan Pemkab Klaten yang akan memasuki pensiun. Jumlah tersebut masih dimungkinkan bertambah jika ada pegawai yang mengajukan pensiun dini atau diberhentikan sebelum purna.” Setiap tahun jumlah pegawai kita akan berkurang sekitar 650 orang karena memasuki masa pensiun. Hal ini tentunya perlu dicarikan solusinya agar pelayanan pada rakyat tetap berjalan baik”, ujarnya.

Sementara terkait kekurangan pegawai lebih lanjut Slamet menandaskan kebutuhan paling banyak ada di sektor pendidikan, dimana pada tahun 2015 lalu Klaten masih kekurangan sekitar 1325 tenaga pengajar. Disusul tenaga dibidang kesehatan, dimana Klaten pada tahun yang sama masih kekurangan 149 tenaga bidan, 91 dokter dan 84 perawat.

Dengan kondisi seperti ini menurut Slamet yang dilakukan Pemda Klaten saat ini adalah mengoptimalkan SDM yang ada dan peningkatan kinerja, agar pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan dengan baik dan maksimal.”Kita optimalkan semua tenaga yang ada dengan peran dan tupoksinya masing masing sehingga pelayanan pada rakyat dan pemerintahan tetap berjalan lancar dan baik”, ujarnya.(get/now)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...