Hariyanto Dalang Muda Pamitan Bupati. Maju Lomba Tingkat Nasional Menuju Klaten Kota Dalang.

Bupati Klaten Hj Sri Hartini bersama Hariyanto dan dewan kesenian Klaten
Klaten Mattanews.ComHariyanto (22) dalang muda asal Cawas, Klaten Jawa Tengah Senin siang (24/10) menghadap Bupati Klaten Hj Sri Hartini sekaligus pamitan dan minta restu karena akan maju mengikuti lomba dalang muda tingkat nasional di Jakarta. Didampingi ketua I Dewan Kesenian Klaten Setiawan DS rombongan diterima orang nomor satu di Klaten diruang tamu belakang rumah dinas Bupati.

Ketua I dewan kesenian Klaten Setiawan DS kepada bupati melaporkan jika sosok Hariyanto adalah dalam muda berprestasi yang memiliki karier yang baik. Hal itu dapat terlihat pada perjalanan prestasinya selama ini, dimana pada bulan Mei lalu yang bersangkutan berhasil keluar sebagai juara I dalang muda se Jawa Tengah.  

Kepada wartawan mantan anggota DPRD Klaten dari fraksi Golkar ini menambahkan rombongan yang akan  bertolak ke Jakarta nanti berjumlah 12 orang terdiri dari penabuh, sinden dan wirosworo. Meraka akan bertanding selama 3 hari yakni tanggal 17 hingga 20 Nopember 2016 di jakarta. “ Sosok Hariyanto adalah dalang muda potensial yang memiliki karier cemerlang. Kita berharap putra almarhum dalam Sukamto ini mampu membawa nama baik Klaten di festival mendatang”, harapnya.

Sementara Hariyanto sendiri mengaku siap dan optimis mampu membawa nama Klaten dikancah nasional. Untuk itu pemuda lulusan ISSI Solo ini minta doa restu pada semua warga Klaten agar perjuangannya di jalur seni bisa mengharumkan Klaten.” Selain pada Bupati saya juga mohon doa restu dan dukungan seluruh warga Klaten agar bisa tampil maksimal dan tampil sebagai juara”, ujarnya.

Bupati Klaten Hj Sri Hartini kepada rombongan dewan kesenian Klaten dan Hariyanto meminta agar berjuang maksimal agar bisa tampil sebagai juara. Menurut Bupati Klaten yang selama ini dikenal sebagai gudangnya dalang kondang seperti Ki Narto Sabdo, Anom Suroto, Ki warseno Slenk dan lainnya hendaknya bisa terus dipertahankan dengan memunculkan dalang dalang muda yang potensial dan mumpuni.

“ Saat ini kita tengah merintis dan akan mengikrakan Klaten sebagai kota dalang dan ketoprak. Karena kesenian ketoprak kali pertama pentas di Klaten dengan istilah ketoprak tobong. Dan kota dalang karena sejak dulu hingga sekarang, hampir semua dalang kondang seperti Ki Narto Sabdo, Warseno Slenk atau Anom Suroto semua dari Klaten. Maka saya berharap dengan mengikuti lomba dalang muda tingkat Nasional, akan bermunculan dalang dalang muda yang hebat dari Klaten”, harap Bupati. (tev/red/one)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...