Dandim Klaten Gembleng Siswa SMK Negeri III Klaten Jelang Ancaman Proxy War.

Dandim Klaten Letkol Inf Bayu Jagad bersama siswa SMK Negeri III Klaten
Klaten Mattanews.Com -  Dandim 02723 Klaten Letkol Inf Bayu Jagad melakukan pembekalan wawasan kebangsaan bagi siswa siswi SMK Negeri 3 Klaten. Wawasan Kebangsaan yang bertema "Proxy War" disampaikan di hotel Edotel SMK Negeri III Klaten Kamis (14/10) dalam rangka menambah wawasan kebangsaan  serta nasionalisme generasi muda menghadapi proxy war atau perang tanpa bentuk yang kini mulai melanda beberapa negara di dunia.

Kepala SMK N 3 Klaten Narimo S.S. Pd mengatakan, kegiatan bertujuan untuk memberikan pembekalan dan wawasan bagi siswa-siswi SMK Negeri 3 Klaten tentang Proxy War."Kami berharap kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan ini menjadi bekal semua siswa untuk masa yang akan datang" Kata Narimo

Sementara itu dalam materi yang dibacakan Letkol Inf Bayu Jagat menjelaskan Proxy War merupakan perang tanpa bentuk, atau dengan kata lain perang yang menggunakan pihak ketiga. Dan kita tidak tau siapa lawan dan siapa kawan. yang dilakukan non state actor tapi dikendalikan oleh state (negara).

" Proxy War merupakan perang tanpa bentuk namun dapat kita rasakan pengaruh negatifnya seperti dengan masuknya budaya luar yang menyimpang dari norma agama dan masyarakat seperti masuknya narkoba, seks bebas, judi online, demo buruh serta lepasnya pulau Timor-timur, Sipadan dan Ligitan." Terang Let Kol Inf Bayu Jagat.

Dengan adanya hal tersebut, masyarakat dan terutama generasi muda sekarang di wajibkan kembali ke Pancasila, UUD 1945 sebagai tameng nasionalisme terhadap bahaya Proxy War. Dandim juga berharap sebagai  generasi penerus, siswa dituntut lebih bijak dan pandai dalam memilih dan memilah arus informasi berbasis di gital saat ini.  Sehingga jiwa nasionalisme tak akan luntur sehingga mampu menjadi benteng penghalau masuknya  budaya luar yang menyimpang.(hil/red)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...