SMK Petrus Kanisius Klaten Sabet Juara I Lomba Katoprak Pelajar Ke 7. Amigo Peduli Budaya.

Salah satu adegan yang dimainkan anak anak SLTA dalam festival ketoprak ke 7
Klaten Mattanews.ComSMK Petrus Kanisius Klaten aakhirnya keluar sebagai juara pertama dalam pagelaran lomba ketoprak pelajar yang diselenggarakan oleh Amigo Peduli Budaya. Bertempat di aula gedung SD Kristen III Klaten, group ketoprak asuhan Ir.Y Sumaryanto, Ch,Eny Septaningrum.S.Ag dan Krystiadi S.Sn.Ma mampu mengalahkan 19 rival rivalnya. Festival yang digelar sejak 2 September sendiri resmi ditutup oleh Sunardi Staf ahli bidang pemerintahan mewakili Bupati Klaten Hj Sri Hartini yang tidak bisa hadir karena di Jakarta.

Dengan menampilkan cerita Lembu ken Sora Gugur, anak-anak siswa SMK Petrus Kanisius begitu menikmati jalan ceritanya. Sehingga adegan demi adegan mampu dilakukan engan penuh penghayatan. akting, vokal, pakaian serta intonasi bicara yang pas, membuat penonton berkali kali memberi apluse tepuk tangan. Nyaris sempurna sebagai pemain ketoprak profesional anak anak ini memang layak menyandang juara I dalam festival ketoprak pelajar tingkat SLTA ke 7 yang diselenggarakan Amigo Group.  

Tampil sebagai juara kedua SMK Kristen II Klaten dengan menampilkan lakon cerita Sebaya Mukti Sebaya Mati. Anak anak binaan Dra Kristiani, Maryanto S.Sn dan Tarmanto S.Pd memang harus puas diurutan ke 2 karena memang kurang maksimal dalam penampilannya. Sementara dengan mengusung cerita Prahara Wilwatikta (Rangga Lawe) anak anak bimbingan AgusS.S.Pd.M.Pd dan Fitria Kusumawati S.Pd selaku sutradara harus puas duduk diurutan ketiga.
Edy Amigo Sulistyanto bapak ketoprak Klaten
Dalam pagelaran festival ketoprak ke 7 Amigo Peduli Budaya ini tampil sebagai juara harapan 1 SMK Negeri 3 Klaten, Juara favorite SMK Negeri 1 Trucuk. Untuk katagori costum terbaik disabet SMK negeri 1 Rota Bayat. Sedang tata stage dan artistik diboyong anak anak SMK Negeri 1 Gantiwarno yang mengambil lakon cerita Tingkir Winisuda.

Sebagai pemeran putri terbaik diraih SMA negeri 1 Karangnongko. Sedang peran pembantu wanita terbaik berhasil diperankan dengan baik oleh SMK Negeri 3 Klaten. Pemerana putra terbaik jatuh pada SMA Negeri 2 Klaten dalam lakon Aryo Penangsang Gugur. Sementara SMK Swadaya Klaten juga berhak membawa pulang karena keluar sebagai juara1 katagori pemeran pembantu putra terbaik.

Suksesnya pagelaran ketoprak pelajar mendapat apresiasi Bupati Klaten Hj Sri Hartini. Dalam pernyataannya Bupati mengaku bangga dengan prestasi anak-anak pelajar yang mau mencintai dan nguri-uri budayanya sendiri. Bupati juga berharap event- event seperti ini bisa ditingkatkan baik secara kualitas dan kuantitas, karena seni ketoptak banyak mengandung filosofi tinggi, dimana kita bisa belajar bertata krama, sopan santun, beretika dalam bertutur sapa dan bertindak.

“Saya bangga dengan prestasi anak anak, semoga kecintaan mereka terhadap kesenian ketoprak mampu mengangkat kesenian ini hidup kembali di Klaten. Khususnya pada mas Edy Sulistyanto Amigo group, penghargaan dan ucapan terima kasih saya berikan karena kecintaan dan kepeduliannya pada budaya Jawa khususnya ketoprak,wayang dan krawitan.”, ujar Bupati.  (get/now) 
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...