Klaten Siapkan Regulasi Kumuh Demi Capaian Kawasan Pemukiman Yang Sehat Dan Bersih.

Tim pendamping penyusunan regulasi kumuh Klaten
Klaten Mattanews.Com - Pemerintah Kabupaten Klaten menginisiasi penyiapan regulasi tentang perumahan dan permukiman kumuh. Inisiasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Satker Pengembangan Kawasan Permukiman Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pendampingan Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh Tahun Anggaran 2016.

Demikian hasil Konsensus Pendampingan Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pencegahan Dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh Dan Permukiman Kumuh, yang berlangsung di Ruang B 1 Jumat (23/9). Konsensus ditandai penyerahan dokumen Raperda dan Naskah Akademik dari Satker Satker Pengembangan Kawasan Permukiman Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kepada Pemerintah Kabupaten Klaten.

Klaten menyambut baik kegiatan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Satker Pengembangan Kawasan Permukiman di Kabupaten Klaten berupa pendampingan penyusunan raperda ini. Dari kegiatan ini, Klaten sudah mempunyai rancangan regulasi yang akan mampu menjadi payung bagi penyusunan kebijakan terkait pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh.

Regulasi peningkatan kualitas perumahan dan permukiman diharapkan mampu mewujudkan target universal 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen akses sanitasi. Dengan kata lain,  mewujudkan 0 persen kawasan perumahan/permukiman kumuh pada tahun 2019. Untuk itu Klaten dituntut mamapu memperjuangkan capaian target nasional tersebut, apalagi semua sudah tertuang dalam RPJMD Kabupaten Klaten Tahun 2016-2021.

Bupati Klaten Sri Hartini menyambut baik adannya regulasi kumuh yang baru saja diserahkan oleh Dirjen Cipta Karya kementerian Pekerjaan Umum. Lahirnya regulasi tersebut menurut Bupati sejalan dengan konsep pembangunan Klaten,  yakni Menuju Klaten Yang Maju Mandiri Dan Berdaya Saing. , dimana dengan kondisi perekonomian yanag baik dan hidup yang sehat maka rakyat Klaten akan mampu mandiri dan memiliki daya saing yang tinggi.

“ Dengan kawasan pemukiman yang sehat, maka akan sehat pula rakyat Klaten dan ini indikasi perekonomian rakyat mulai sehat dan membaik. Jika semua ini tercapai maka Klaten maju mandiri dan berdaya saing bukan hal  mustahil, karena rakyatnya juga memiliki daya saing tinggi di segala aspek”, ujar Bupati. (red/mas)   

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...