Kawulo Mudo Klaten Banjiri Festival Ketoprak Pelajar Amigo Peduli Budaya hari Ke 2.

SMK Negeri II Klaten dalam lakon Pangeran Raditya
Klaten Matatanews.ComMemasuki hari kedua pagelaran ketoprak pelajar yang berlangsung di aula gedung SD Kristen III Klaten, semakin ramai dikunjungi penonton yang ingin menyaksikan langsung pertunjukan ketoprak yang dibuka secara resmi oleh Staf Ahli bidang pemerintahan Sunardi sejak Jum’at (2/9). Aula Gedung SD Kristen III berkapasitas 1000 orang penuh dipadati penonton.

Dengan tata artistik dan panggung yang modern dan digarap secara profesional, keluarga besar Amigo Group Klaten mencoba memberi suguhan hiburan bagi rakyat Klaten khususnya anak muda dengan menggelar konser festival ketoprak pelajar, dengan harapan kecintaan generasi muda akan budaya leluhur peninggalan nenek moyang agar tidak hilang.  

Apa yang diharapkan Edy Sulistyanto pemilik Amigo group yang juga pemrakarsa lahirnya festival ketoprak pelajar tingkat SD,SMP dan SLTA ini ternyata tidak bertepuk sebelah tangan. Respon dan tanggapan anak-anak muda Klaten begitu hebat dan luar biasa. Setiap digelar festival, sekolah dengan antusias mengirim siswanya mengikuti festival.

Bupati Klaten sendiri dalam sambutannya yang dibacakan Sunardi sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Amigo group yang begitu peduli dan cinta pada budaya Jawa. Apa yang telah dilakukan Amigo hendaknya bisa dicontoh oleh lainnya sekaligus menjadi lecutan bagi generasi muda untuk lebih mencintai kebudayaan Jawa khususnya ketoprak.

“Saat ini banyak orang yang bereforia mengadopsi dan mengedepankan budaya asing agar bisa diterima rakyat Indonesia, padahal bangsa kita kaya akan aneka seni warisan nenek moyang dengan nilai budaya sangat tinggi. Saya ucapkan terima kasih pada mas Edy yang tak pernah lelah nguri uri budaya Jawa, khususnya kesenian ketoprak. apa yang telah dilakukan Amigo group patut kita apresiasi dan kita dukung demi lestarinya budaya kita”, ujarnya.
Anak muda muli mencintai budaya daerah khususnya ketoprak
Sementara pada pagelaran hari kedua Minggu Sabtu (3/9) group ketoprak SMK Negeri II Klaten tampil memukau ratusan penonton yang memadati aula SD Kristen III Klaten. Dengan mengambil cerita Pangeran Raditya, Tim asuhan M. Komarudin dan Rina Widyastuti mampu menyihir penonton hingga tak beranjak dari tempat duduknya. Meraka tampil prima dengan gaya bahasa yang matang dan intonasi suara yang pas dan benar. Sehingga tak heran jika nonton rela duduk dikursi hingga acara selesai sekitar pukul 21.30 malam.

Melihat animo penonton dan antusias siswa mengikuti festival ketoprak Amigo Peduli Budaya, hendaknya Peemda segera menangkap gejala ini untuk segera ditindak lanjuti dengan upaya lain. Sangat disayangkan jika seorang Edy Sulistyanto yang nota bene swasta murni begitu getol dan peduli budaya Jawa, Pemda malah menutup mata.(tev)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...