Dengan 12.000 Pendonor, Klaten Masih Kekurangan Darah 2.100 Kantong Per Bulan.

Asisten II Edy Hartanto saat serahkan penghargan di acara PMI
Klaten Mattanews.Com - pemerintah Kabupaten Klaten menyelenggarakan acara Temu Doroh Darah Sukarela 25 Kali. Kegiatan di pendopo Pemda Selasa (27/9) diikuti sekitar 300 peserta dalam rangka peringatan HUT ke 71 PMI, sekaligus penyerahan penghargaan pendonor darah sukarela 25 kali, 3 kelompok donor darah dan penyerahan piala pemenang  Lomba Palang Merah Remaja (PMR) .

Bupati Klaten Hajah Sri Hartini dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pmerintahan Setda Edy Hartanto mengatakan, kebutuhan riil darah di Klaten setiap bulan mencapai 2.100 kolf (kantong darah), dengan jumlah donor sukarela (DDS) terdaftar sebanyak 12.000 orang. Menurut WHO idealnya jumlah DDS adalah 2 prosen dari jumlah penduduk yang ada atau di Klaten sebanyak 25.000 orang, sehinggga saat ini masih terdapat kekurangan sebanyak 13.000 orang. “ Melalui Temu Donor Darah ini diharapkan dapat menjaring pedonor pemula yang bersedia mendonorkan darahnya secara suka rela “ harapnya.

Lebih lanjut bupati mengatakan, setetes darah yang didonorkan akan sangat berarti bagi nyawa sesama, karena setetes darah itu bukan tidak mungkin menkadi penyelemat hidup. Untuk itu saya mengajak agar masyarakat Klaten secara sukarela menjadi peserta donor darah untuk kemanusiaan. “ Saya berharap kesadaran berdonor darah untuk menolong sesama demi rasa kemanusiaan di Klaten semakin meningkat dan peduli”, tandasnya.
Cek Kesehatan: Bupati Klaten Hj Sri Hartini sebelum lakukan donor danar.
Menurut bupati selama ini PMI Klaten memberikan pelayanan berupa penanganan bencana alam, unit transfusi darah, pelayanan pertolongan pertama, sosial dan kesehatan dan pembinaan generasu muda (PMR/KSR). Kedepan diharapkan jenis pelayanan PMI yang dilakukan lebih banyak dan lebih meningkat lagi. 

Sementara ketua panitia penyelenggara temu donor darah ke 25 Tahun 2016, doktor Wardhani Sugiyanto mengemukakan, acara temu donor darah sukarela ke 25 merupakan puncak acara peringatan HUT PMI ke 71 kabupaten Klaten. Rangkaian kegiatan yang berupa sarasehan yang diikuti relawan dan karyawan, talk show beberapa radio, dan gerakan cuci tangan pakai sabun yang diikuti oleh 500 anak usia sekolah dasar(han/nang/hil) .

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...