Cegah Konflik Sosial, Kesbangpol Klaten Gelar Sarasehan Bersama Toga Tomas.

Sarasehan bersama toga tomas Kesbangpol Klaten
Klaten Mattanews.Com - Menindak lanjuti surat edaran Menteri Dalam Negeri tanggal 23 Februari 2015 Nomor 460/964/SJ tentang Pembentukan Tim Terpadu Dalam Melaksanakan Rencana Aksi Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota,Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Klaten menyelenggarakan Saresehan Penanganan Koflik Sosial di Kompleks gedung RSPD Klaten. Rabu (7/9).

Saresehan yang di ikuti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan, Dai Kamtibmas Kecamatan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, TP-PKK Kecamatan dan seluruh anggota Tim Cipta Kondisi Klaten. Rabu(7/9)

Dari keterangan Hadi Purnomo, Kepala Kantor Kesbangpolinmas Klaten, kegiatan saresahan tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Klaten untuk meningkatkan peran serta elemen masyarakat dalam rangka antisipasi penanganan konflik demi menjaga kondusifitas kabupaten klaten yang aman dan damai.

Lebih lanjut Hadi menerangkan, dengan adanya saresehan penanganan konflik sosial, di harapkan mampu meminimalisasi terjadinya konflik di masyarakat sperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu seperti perkelahian antar warga masyarakat, dan pengerusakan tepat ibadah.

Selain itu kegiatan tersebut di maksudkan untuk memberikan penjelasan tentang masalah-masalah pokok yang sedang terjadi di wilayah Kabupaten Klaten yang dapat berpotensi terjadinya konflik sosial bagi masyarakat Klaten.

Sementara itu   Asisten Pemerintahan Setda Klaten, Edy Hartanto menyampaikan Klaten merupakan salah satu wilayah yang memiliki kemajemukan budaya. Dengan adanya kemajemukan tersebut, maka daerah ini mempunyai potensi konflik yang cukup besar. Dalam menyikapi perbedaan diperlukan sikap saling menghormati agar tercipta kerukunan dalam bermasyarakat.

"Sarasehan merupakan salah satu upaya  meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam menanggulangi dan menangani konflik sosial dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman tertib rukun dan damai," tandasnya. (hil/Roq)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...