Bayat Menuju Desa Tuntas RTLH. 999 Rumah Belum Dipugar, Dikenal Sebagai Daerah Merah

Bupati Hj Sri Hartini memasang batu pertama bersama Camat Bayat Edy Purwanto
Klaten Mattanews.ComJumlah rumah tidak layak huni (RTLH) di wilayah kecamatan Bayat Kabupaten Klaten ada sekitar 5700 unit rumah. Dari jumlah tersebut pemerintah telah berhasil merehabilitasi sekitar 4200 unit rumah melalui program RTLH (rumah tidak layak Huni). Sehingga untuk saat ini masih ada sekitar 999 unit rumah tidak layak huni yang belum digarap. Diharapkan sisa rumah yang belum digarap tersebut akan selesai dipugar pada akhir tahun 2017 hingga 2018 mendatang.

“Saat ini di Bayat masih ada sekitar 999 unit rumah tidak layak huni yang belum dipugar. Sebenarnya jumlah keseluruhan mencapai angka 1269 unit rumah, namun karena ada pemihakan dari Kimtaro PU Jateng sebanyak 240 unit melalui dana APBD ti gkat 1 dan 30 unit dari Dinsos. Maka diperkirakan jumlahnya tinggal 999”, tegas Camat Bayat Klaten Edi Purwanto saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.
Salah satu warga Nengahan penerima bantuan RTLH bersama Bupati
Menurut Edy kecamatan Bayat memang dikenal sebagai daerah merah (miskin) dengan jumlah penduduk sekitar 63.000 tersebar di 18 desa yang membentang disepanjang lereng utara pegunungan kapur selatan. Dari jumlah tersebut baru 2 desa yang dinyatakan tuntas RTLH yakni desa Jotangan dan desa Krikilan.

Sementara pada penyerahan bantuan RTLH senilai Rp 1,6 milliar oleh Bupati Klaten Hj Sri hartini yang ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan rumah pendduk di desa Nengahan Edy menjelaskan saat ini bayat menerima bantuan RTLH sebanyak 210 unit rumah. Bantuan tersebar di beberapa desa seperti, Nengahan, beluk, Bogem, Talang, Jotangan, Wiro, Kebon, Gunung Gajah, Dukuh dan lainnya.

“Yang jelas warga menyambut baik dan mengucapkan terima kasih pada ibu Bupati Sri Hartini yang peduli dan menaruh perhatian pada rakyat kecil dipedesaan. Sementara kami selaku perangkat dibawah akan senantiasa menjalankan dan mengerjakan semua kebijakan Bupati” tegasnya (tev)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...