Permadani Klaten Wisuda 31 Siswa Pambyowara dan Pamedar Sabdo.

Para pambyowara Klaten yang berhasil lulus
Klaten Mattanews.com – Bertempat di gedung pendopo Pemkab Klaten DPD Permadani Klaten mewisuda 31 siswa sekolah pembioworo (pembawa acara) Periode 2016-20120 angkatan XIII tahun 2016. Kegiatan diprakarsai oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) setempat sekaligus mengukuhkan kepengurusan DPD Permadani Klaten

Ketua Permadani Klaten Haji Djaka Purnama selaku ketua penyelenggara mengatakan, kepengurusan Permadani Klaten yang dibentuk berdasarkan hasil Musda yang dilaksanakan pada awal bulan Juni lalu. Adapun susunan kepengurusan dengan jumlah 18 personil adalah sebagai berikut: ketua dan Wakil ketua H Djaka Purnama, Jaka Purwanto. Sekretaris dan Wakil Sekretaris Dari Budiharjo dan Muhammad Noorkodik. Bendahara dan Wakil Bendahara Sriyanto dan Sutarmo. Kepengurusan juga dilengkapi Bidang Organisasi, Bidang Pendidikan, Bidang Seni Budaya dan Bidang Sosial Kemasyarakatan.  

Lebih lanjut Djaka Purnama mengatakan, Siswa Pawiyatan  Pambio Woro (Pembawa Acara) dan Pamedar Sabdo (Pembicara) angkatan XIII yang mendaftar sebanyak 47 peserta, namun dalam perjalanannya yang terus mengikuti pendidikan sampai selesei sebanyakn 31 peserta. Peserta selama sekitar 6 bulan memperoleh materi pembelajaran Budi Pekerti, Peduwungan (Hal Ihwal tentang Keris), Ngudat sarira dan Ngedi Busana, Gending-Gending Jawa, Pranata Cara dan Pambyo Wara. Hingga saat ini, Permadani Klaten yang beridiri pada tahun 2003 kini telah meluluskan 324 peserta, dari Klaten dan sekitarnya” jelasnya.

Sekretaris DPP Permadani Jawa Tengah, Suyitno Yudha Pamungkas mengatakan,  semula Permadani hanya berdiri di Semarang sekitar 32 tahun yang lalu. Perkembangannya kini di Jawa tengah sudah ada 24 Kabupaten/Kota, Jawa Timur 14 kabupaten/Kota ditambah di propinsi Jambi (Sumatra) yang belum lama berdiri. “ Organisasi ini terus berupaya mengembang lestarikan budaya nasional (bukan Jawa saja) yang hidup di Nusantara, dengan semboyan Hamemayu Hayuning Saksama, Dados Juru Ladosing Bebrayan Ingkang Sae dan Saget Ngremenaken Tiyang Sanes “ tandasnya.(han/humas)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...