Meriah Lebaran Ikan Di Sendang Gemblegkan.Dibuka Wabup Hj Sri Mulyani.

Suasana pesta ikan (memed) di sendang kolam Gemblegkan
Klaten Mattanews.ComLebaran ikan atau istilah jawa (memed) yang berlangsung di sendang Gemblegkan, Kecamatan Kalikotes, Klaten Jawa Tengah meriah. Sekitar 2000 warga dari berbagai penjuru Klaten datang menyaksikan dan ikut mencari ikan di acara pesta rakyat terseut yang dibuka resmi wakil Bupati Klaten Hj Sri Mulyani. Sedikitnya 1,2 ton ikan jenis Bawal dan Lele diperebutkan warga dengan menggunakan berbagai cara.

Dibuka hj Sri Mulyani Minggu (28/8) sekitar pukul 09.00, ribuan warga langsung berhamburan meloncat masuk kolam seluas kurang lebih satu hektar. Dengan menggunakan berbagai alat mulai dari jala, tambir, serok dan ember anak-anak, tua muda lelaki dan perempuan masuk kolam ikut berebut ikan. Kedalaman air yang masih sekitar 50 centimeter cukup membuat ribuan warga kesulitan untuk menangkap lele dan bawal. Namun tak sedikit pula yang berhasil mendapat hasil tanagkapan lebih dari 10kg, karena menggunakan jaring.

Sumardji Bunder Kartasasmita salah satu panitia menjelaskan, pesta ikan merupakan pesta rakyat yang dilakukan setahun sekali dalam rangka ungkapan rasa terima kasih serta syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena masyrakat Gemblegkan selalu diberi kemudahan serta kesehatan yang melimpah. Dan mengingat Gemblegkan identik dengan sendang dan kolamnya yang luas, maka rasa syukur ditandai dengan pesta ikan atau lebaran ikan bagi warga Gemblegkan dan sekitarnya. Mereka bebas menggunakan alat untuk mendapatkan hasil buruannya.
Wakil Bupati Klaten Hj Sri Mulyani
“Ini pesta rakyat tahunan sebagai ungkapan rasa syukur warga Gemblegkan atas nikmat yang dirasakan warga selama ini terutama dalam hal budidaya ikan di kolam Gemblegkan yang selalu berhasil dengan baik. Kami selaku warga berharap tradisi budaya ini bisa dijadikan kaledender wisata Klaten yang bisa dioptimalkan”, ujarnya.

Sementara itu wakil Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengaku bangga dan senang melihat kerukunan dan kebersamaan warga Gemblegkan yang diungkapkan lewat acara memed ikan. Menurut Sri Mulyani diharapkan potensi di Gemblekan bisa dijadikan komoditi wisata budaya tahunan yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Jika memang dikelola dengan baik, maka memed ikan bisa kita jadikan event wisata budaya, yanag tentunya perlu dikaji kembali proses dan waktu penyelenggaraannya. Saya yakin jika dikelola dengan baik, memed ikan akan mampu menjadi aset wisata yang baik”, ujarnya. (tev)     
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...