Koperasi Batur Jaya Ceper Klaten Produksi 200 Ribu Blok Rem Kereta Api Pertahun.

Proses pembakaran bahan baku cor logam Batur Jaya Klaten
Klaten Mattanews.com – Koperasi industri pengecoran logam dan permesinan Batur Jaya yang terletak di desa Batur, Kecamatan Ceper, Klaten Jawa Tengah saat ini mampu mencetak sekaitar 200 ribu blok rem kereta api per tahun. Selain digunakan untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri melalui PT Inka, hasil putra daerah Klaten ini juga di eksport ke luar negeri.

“ Saat ini Batur Jaya mampu mencetak blok rem kereta api dua ratus ribu per tahun. Dengan prestasi yang membanggakan ini saya berharap peran pemerintah melalui menteri perindustrian, agar tetap mendukung produk lokal, mengingat ada informasi akan masuknya blok rem kombosit dari RRC dengan harga yang lebih murah”, demikian disampaikan ketua koperasi Batur Jaya Batur Ceper Badrul Munir saat menerima kedatangan menteri Perindustrian Indonesia Ir Airlangga Hartarto dan Mendiknas Muhajirin Effendi di Batur Rabu (10/8)

Menurut Badrul hingga saat ini koperasi Batur Jaya telah berhasil memproduksi 4,7 juta blok rem. Dibanding dengan produk lain, hasil dari Batur Jaya harganya lebih murah dengan mutu kwalitas standar SNI dan ISO. Blok rem kereta lanjut Badrul kini menjadi andalan produk Batur Jaya, mengingat untuk produk cor lainnya telah mengalami penurunan 15 persen dibanding tahun lalu, mengingat persaingan yang semakin ketat.  
Bupati Klaten Sri Hartini saat menerima Menteri Perindustrian dan Mendiknas
Sementara Menteri Perindustrian Ir.Airlangga Hartarto mengaku puas atas kemajuan yang dicapai koperasi Batur Jaya yang sudah jauh berubah saat terakhir dirinya datang di Klaten beberapa tahun lalu. Menyikapi keluhan koperasi Batur Jaya yang memiliki anggota sekitar 2600 pengerajin tersebut, putra mantan menteri Hartarto di era pemerintahan Orde baru ini, berjanji akan tetap mendukung dan memperhatikan perkembangan produk cor logam Batur Jaya, sesuai amanat bapak Presiden Jokowi.

“ Ada pesen khusus dari bapak Presiden saat saya dipanggil di Istana Negara untuk melakukan rapat. Sebelum saya bertolak ke Klaten beliau berpesan agar kemajuan dan kesinambungan industri cor logam Batur Jaya harus tetap dipertahankan. Untuk itu maka saya minta pada BUMN terkait, dalam hal ini PT Inka agar tetap mengedepankan kearifan lokal dengan lebih memperbanyak muatan lokal dalam mengembangkan idustri perkereta apian di Indonesia”, ujar Airlangga. (tev)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...