Klaten Lurik Karnival Sedot 15 Ribu Penonton. Srikandi Klaten Hj Sri Hartini Sukses Panah Balon.

Srikandi Klaten Hj Sri Hartini saat memanah balon tanda dibukanya Klaten Lurik Carnival.
Klaten Mattanews.Com – Luar Biasa. Sekitar lima belas ribu warga Klaten Kamis sore (18/8) memadati seluruh tepi jalan Pemuda Utara hingga Pemuda Selatan guna menyaksikan kirab budaya bertajuk Klaten Lurik Carnival. 46 peserta yang berasal dari berbagai unsur seperti 26 kecamatan yang ada, jajaran SKPD, dinas terkait, perusda, swasta serta sekolah, mampu menyihir penonton tak beranjak dari tempatnya.

Bupati Klaten Hajah Sri Hartini didampingi wakil Bupati Hj Sri Mulyani dan anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan alfia Reziani dari komisi 8, tampak anggun saat menaiki kereta kencana yang dikusiri ketua paguyuban lurah pasar Klaten HM Warsito Warok. Sejak beranjak dari tempat transit kantor Bank BPD Jateng Dua srikandi Klaten tak henti mendapat apluse dari penonton.
Parade lurik ala DPPKD Pemkab Klaten
Pembukaan Klaten lurik Carnival ditandai dengan pembukaan tulisan Klaten lurik carnival yanag ditandai dengan pemecahan balon. Bupati Klaten sebagai Srikandinya Klaten dengan kamampuan dan ketrampilannya dalam mengolah gendewo (busur) berhasil memecahkan balon yang berjarak 6 meter dengan anak panahnya. Pada bidikan kedua Srikandi Klaten berhasil memecahkan balon dengan anak panahnya, tepat berada dilingkaran kuning(utama) setelah pada bidikan pertama gagal karena kurang konsentrasi.

Bambang Sigit Balak Sinugroho selaku ketua umum panitia HUT Pemda dan Kemerdekaan RI ke 71 menjelaskan keberhasilan klaten lurik carnival akan dijadikan acuan untuk memasukkan Klaten lurik Carnivala dalam kalender kegiatan Pemda, guna meningkatakan pariwisata Klaten dan sektor pendapatan.
Ketua Umum Bambang Sigit balak Sinugroho
“Kegiatan ini bagus dan sukses, walau masih banayak yang harus dibenahi, kedepan kita akan laporkan pada Bupati agar event seperti ini dapat dijadikan kegiatan tetap yang masuk dalam kalender budaya Klaten, demi mengangkat nama Klaten dan pengerajin lurik yang ada”, tegasnya.

Sementara itu Bupati Klaten Hj Sri Hartini mengaku bangga atas kepedulian semua pihak yang telah mendukung suksesnya Klaten lurik carnival. Melihat antusias warga dan kemampuaan para peserta yang tampil Bupati berharap Klaten lurik carnival dapat dipertahankan dan dijadikan kegiatan tetap dalam kalender budaya yang diadakan setiap tahun.
Pasukan elite terdiri Kapolres, Dandim, Kajari, Dodiklatpur dan Kepala SKPD
“Semua peserta tampil dengan baik dan memukau, perpaduan warna, model, corak, semua tampak profesional dan bagus. Saya berharap kegiatan ini masuk dalam calender tahunan, guna meningkatkan pariwisat Klaten serta peningkatan PAD Klaten dengan mengoptimalkan pengerajin lurik lokal yang ada di Pedan, cawas dan Bayat”, tegasnya.

Klaten lurik Carnival yang dikomandani kepala Disbudpora Klaten Joko Wiyono Kamis siang kemarin berjalan sukses. Pawai yang dimulai pukul 14.30 berakhir hingga pukul 18.30, dimana 46 peserta berhasil menampilkan karya terbaiknya di depan panggung kehormatan yang berada di depan rumah dinas Bupati. Salah satu peserta yang tampil memukau adalah kontingen RSUD Bagas waras Klaten dibawah komando sang jendral dr Limawan Budi Wibowo M.Kes yang memainkan tari 7 langkah cuci tangan bersih, serta marcing band dari SMP Negeri II (Espero) Klaten dibawah komando dra Woro Subandiningsih.(tim)    
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...