Klaten Kembangkan Wisata Sungai. Kali Woro Purbo Susul Sukses Kali Pusur Polanhardjo.

Sungai Purbo yang bersih menjadi arena bermain anak anak
Klaten Mattanews.com – Klaten melirik sungai sebagai arena wisata air yang bisa dikembangkan dan memiliki prospek cerah dimasa mendatang. Banyaknya sungai di Klaten merupakan potensi tersendiri bisa digarap menjadi wisata alam dan mampu menjadi daya tarik wisatan jika digarap dengan benar dan sungguh sungguh.

Sungai Woro Purbo yang berada didukuh Gunung Ampo, desa Kemudo, Kecamatan Prambanan Klaten menjadi alah satu pioner wisata sungai di Klaten yang nantinya juga dijadikan arena wisata alam seperti, arena mancing, outbond, susur sungai serta kegiatan cinta alam yang akan dilengkapi dengan sarana lainnya.

Sungai Woro Purbo yang memiliki hulu sungai di gunung Merapi memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain airnya yang jernih dan berbatu, suasana alam sekitar yang masih sejuk dan alami menambah daya tarik tersendiri jika dikelola dengan baik. “Kita akan jadikan sungai woro Purbo ini sebagai lokasi wisata air dan wisata alam edukatif yaang bisa menjadikan alternatif tujuan wisata warga Klaten”, ujar Kepala Desa Kemudo Hernawan.

Langkah yang diambil pemerintah desa Kemodu merupakan tindak lanjut suksesnya penggarapan sungai pusur di wilayah Polanharjo yang kini telah menjadi obyek wisata air yang dikenal dengan sebutan Watu Gong. Obyek wisata yang dikelola oleh salah satu pengusaha lokal ini mampu menyulap aliran sungai yang semula hanya untuk mandi itik an kerbau, menjadi arena wisata yang banyak dikunjungi warga.
Menyusuri sungai purbo dengan perahu karet
Bupati Klaten Sri Hartini menyambut baik semua usaha dibidang kepariwisataan di Klaten, dalam rangka mengenalkan Klaten lebih luas lagi pada daerah lain dibidang wisata air. Klaten sebagai kota air memang sudah seharusnya mengoptimalkan wisata berbasis air, termasuk memaksimalkan potensi sungai dan mata air (umbul) untuk digarap sebagai komoditas wisata.

Dalam hal ini Bupati melihat keberadaan umbul Cokro dan Jolotundo serta umbul umbul lain yang ada di Klaten seperti umbul brintik dan umbul Lanang di Pluneng, yang memiliki potensi besar sebagai wasata air. Selain itu Bupati juga melihat banyak sungai di Klaten yang memiliki daya tarik tersendiri yang bisa dikembangkan menjadi wisata alam, seperti sungai Woro Purbo, Sungai Basin di Kebonarum, serta sungai yang berhulu dari umbul Cokro.   

“Klaten dikenal sebagai kota yang kaya akan air, maka sudah saatnya potensi air yang ada di Klaten kita maksimalkan dalam upaya meningkatkan perekonomian menuju masyarakat yang sejahtera sehinggga upaya menuju Klaten yang maju mandiri dan berdaya saing dapat segera terwujud”, ujar Bupati.(tev)     
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...