Kekurangan Murid SD Negeri Belang Wetan I Klaten Akhirnya Di Gabung.

Kondisi SD Belang Wetan I Klaten Klaten Utara
Klaten Mattanews.com – Karena kekurangan murid dan hanya mendapat satu siswa dalam tahun ajaran baru 2016/2017, SD Negeri Belang Wetan I, Klaten Utara, Klaten Jawa Tengah akhirnya digabung dengan SD Negeri terdekat. 23 Siswa dipindah ke SD Negeri Belang Wetan II dan 6 siswa dipindah ke SD Gergunung agar dapat meneruskan proses belajar.

Kepala UPTD Pendidikan Klaten Utara Untung Joko Purwadi menjelaskan kondisi memperihatinkan yang terjadi di SD Negeri I Belang Wetan sudah berlangsung sejak setengah tahun lalu. Berbagai upaya telah dilakukan namun tampaknya semua usaha tak membuahkan hasil. Akhirnya gua menyelamatkan proses belajar anak, selurruh siswa yang ada digabungkan ke dua SD terdekat.

“Kami telah melakukan berbagai upaya penyelamatan, baik melalui orang tua wali, komite hingga jajaran perangkat desa dalam upaya mensosialisasikan berbagai kemudahan bagi para calon siswa kepada warga setempat. Namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Akhirnya demi menyelamatkan proses belajar anak, siswa kita gabungkan ke sekolah terdekat”, ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.
Kepala UPTD Pendidikan Klaten Utara Untung Joko Purwadi
Kondisi SD yang terletak di tengah perkampungan warga tersebut sejak setengah tahun terakhir memang mengalami devisit murid. Data terakhir siswa yang menempuh belajar di sekolah ini hanya sekitar 29 siswa. Dari jumlah tersebut siswa kelas 1 satu siswa, kelas 2 dua siswa, kelas 3 tujuh siswa kelas 4 delapan siswa, kelas 5 enam siswa dan kelas 6 lima siswa.

Dengan kondisi yang memperihatinkan inilah akhirnya diawal tahun ajaran baru ini, seluruh siswa digabungkan ke sekolah terdekat agar dapat melanjutkan proses belajarnya. Sementara 5 tenaga pengajar yang ada ditempatkan ke beberapa sekolah terdekat termasuk Tri Endah Sumarsini kepala sekolah yang untuk sementara diminta membantu di SD negeri Belang Wetan II. Beberapa sumber menjelaskan gagalnya proses pendidikan di SD Belang Wetan 1 tersebut karena faktor keberhasilan KB dan dugaan adanya salah menejemen di era kepemimpinan yang lama.(get/red)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...