Dalam Rangka Pekan Asi Sedunia Persagi Klaten gelar Layanan Gratis Di Car Free Day

Layanan kesehatan gratis oleh Persagi Klaten
Klaten Mattanews.com
- Pemerintah kabupaten  Klaten melalui Dinas Kesehatan setempat menggelar acara peringatan Pekan Air Susu Ibu (ASI) se dunia tahun 2016. Kegiatan dilakukan di depan kantor Disperindag bersamaan dengan kegiatan Car Free Day (CFD) diselenggarakan oleh Ikatan Konselor Laktasi Klaten dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia Cabang Klaten Minggu (7/8).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Klaten Dokter Cahyono Widada menjelaskan peringatan Pekan ASI sedunia di Klaten dilakukan dengan mengadakan Counselling on The Road (CoTR). Kegiatan sehari mengangkat thema “ KAWAL 1.000 HARI PERTAMA KELAHIRAN (HPK) ANAK KLATEN, ANAK SEHAT, ANAK CERDAS “ , diharapkan mampu mewujudkan Anak Bayi dan Balita Klaten Yang Sehat dan Cerdas.

Lebih lanjut dokter Cahyono mengatakan, CoTR dilakukan bekerjasama dengan  Ikatan Konselor Laktasi Klaten beranggotakan sebanyak 519 orang dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia Cabang Klaten beranggotakan sebanyak 91 orang. Kegiatan meliputi 8 bidang yakni Konseling menyusui, pemberian makan bayi dan anak dan konsling gizi, serta pemantau status gizi, penyuluhan dan demo MP-ASI, Pemeriksaan Garam Beryodium, Pemberian Vitamin A untuk balita serta photobooth, secara Gratis dengan target 100 peserta.
Stand layanana gratis bagi ibu dan anak oleh Persagi Klaten
Sementara masyarakat Klaten khususnya para ibu muda dan mereka yang punya balitaa tampak antusias mendatangi stand yang disediakan secara Cuma-Cuma tersebut. Selain mendapat pelayanan serta pemeriksaan kesehataan gratis, mereka juga diberi menu makanan bergizi bagi mereka yang membawa anak.

Terpisah Bupati Klaten Hj Sri Hartini menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Dinas kesehatan dalam hal ini Persagi Klaten serta ikatan konselor laktasi Klaten. Menurut Bupati 1000 HPK (Hari Pertama kelahiran) merupakan masa emas  yang membutuhkan perhatian setiap orang tua, karena masa sejak terjadinya janin hingga bayi berusia dua tahun menentukan masa depan anak.

“ Tumbuh kembang anak sehat sejak usia dini merupakan masa depan yang harus kita bina sejak dini. Untuk itu pemberian gizi yang baik bagi anak dan ibu menyusui serta ketersediaan ASI yang cukup bagi bayi adalah sebah keharusan demi terciptanya anak anak Indonesia yang sehat dan tangguh”, ujarnya. (han/red)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...