Bupati Klaten Sri Hartini Serahkan Bantuan Rp 1,272 Milliar Untuk Pugar 159 Rumah Di Jatinom

Bupati Klaten Hj Sri Hartini dengan warga Klodran Kayu Mas
Klaten Mattanews.com - Bupati Klaten Hajah Sri Hartini menyerahkan bantuan uang sebesar Rp. 1,272 milyar untuk 159 masyarakat miskin di wilayah kecamatan Jatinom. Sejumlah bantuan bersumber dari dana APBD setempat tahun 2016 tersebut diserah terimakan secara simbolis dibalai desa Kayumas kecamatan Jatinom, disaksikan Plh Sekda Bambang Sigit Balak Sinugraha, serta tamu undangan lain.

Bupati Klaten Hajah Sri Hartini dalam sambutannya mengatakanRTLH merupakan tindakan nyata dari pemerintah yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat miskin. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar warga bisa langsung merasakan bantuan stimulan, dalam upaya peningkatan kesaejahteraan. “ Bantuan pemugaran RTLH merupakan bantuan stimulan yang membutuhkan dukungan dan peran serta masyarakat agar semangat gotong royong yang mulai luntur bisa tumbuh dan berkembang kembali “ tandasnya.

Menurut Bupati untuk tahun ini Pemda Klaten membangun 1000 unit RTLH. Sementara hingga saat ini rumah yang terbangun telah mencapai 552 unit ditambah sekitar 220 unit. Sehingga dipastikan akhir tahun jumlah 1000 unit rumah akan bisa terselesaikan.
Warga gotong royong merehab rumah tidak layak huni
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Klaten Herlambang Jaka Santosa didampingi stafnya Widada mengatakan, bantuan pemugaran RTLH yang diserahkan diwilayah Jatinom ini keseluruhan sebanyak 159 unit @ Rp. 8 juta atau keseluruhan sebanyak Rp. 1,272 milyar. Bantuan tersebut dialokasilan untuk 8 desa, meliputi desa Bandungan 33 unit, Bengking 24 unit, Gedaren 4 unit, Glagah 18 unit, Kayumas 23 unit, Mranggen 10 unit serta desa Temuireng 13 unit. 

Terpisah kepala desa Kayumas Mulyana mengatkan, bantuan pemugaran RTLH tahun 2016 yang diterima masyarakat miskin setempat sebanyak 23 unit. Sebelumnya desa dengan jumlah penduduk sebanyak 2893 jiwa tersebar dalam 7 pedukuhan 24 RT dan 8 RW tersebut telah menerima bantuan sebanyak 21 unit. 

“ Saat ini jumlah RTLH diwilyahnya masih terdapat sebanyak 20 unit, sehingga kedepan Pemkab diminta terus dapat memberikan bantuan pada masyarakat miskin setempat “ pintanya.
Sebelumnya bupati meninjau langsung kegiatan gotong royong dan menyerahkan bantuan pemugaran RTLH secara langsung kepada Sunarti (57) dan Medi (60) warga dukuh Klodran RT 23 Rw 08 desa Kayumas Jatinom (han/red).

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...