32 Pramuka Klaten Dikirim ke Bumi Perkemahan Cibubur Ikuti Jamnas X Tahun 2016.

Kontingen Jamnas Klaten yang akan berangkat ke Cibubur.
Klaten Mattanews.comSekda Klaten Joko Sawaldi yang juga ketua ranting Pramuka Cabang Klaten melepas Kontingen Peserta Jambore Nasional X Pramuka tahun 2016 Klaten yang akan bertolak ke Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta. Pelepasan terhadap 32 peserta, 4 pendamping dan 4 pembina anggota pramuka Kwarcab Klaten. Pelapasan dilakukan di Pendopo pemkab Klaten Senin (8/8), dihadiri guru dan orang tua murid.

Ketua panitia penyelenggara Sumaryoto mengatakan, Jambore Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2016 dilakukan dengan tujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, ketrampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang. Disamping itu juga sebagai komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehoirmatan Pramuka yaitu Tristya dan Dasadarma Pramuka.

Lebih lanjut Sumaryoto mengatakan, dalam Jamnas Pramuka X ini Klaten mengirikam sebanyak 40 peserta, terdiri dari 32 anggota Pramuka penggalang hasil seleksi dari 23 SMP Negeri swasta di Klaten, terbagi dalam 2 kelompok putra dan kelompok putri masing-masing 8 orang. Disamping itu juga 4 peserta pendamping dan 4 peserta pembina pramuka. “ Di Buper Cibubur peserta akan melakukan 16 kegiatan antara lain, keagamaan, olah raga, permainan persaudaraan, penbgenalan Saka, kegiatan tehnologi industri , petualangan dan wisata, selama 8 hari mulai tanggal14 hingga 21 Agustus 2016 “ jelasnya.   

Bupati Klaten Hajah Sri Hartini selaku Kamabicab Pramuka dalam sambutan tertulisnya mengatakan, Jambore Nasional (Jamnas) adalah pertemuan Pramuka Penggalang se Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan Kwarnas. Sehingga kegiatan tersebut diharapkan dapat mewujudkan semangat persatuan dan kesatuan dibawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “ Melalui Jambore Nasional Pramuka diharapkan agar anggota Pramuka penggalang dan Remaja pada umunya memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan yang kuat dilandasi Jiwa pancasila “ ujarnya.

Menurut Kamabicab Pramuka Klaten, Grakan Pramuka kini masih dalam proses transisi dari organisasi statis dan eksklusif menjadi organisasi terbuka dengan pembaharuan. Kedepan Grakan Pramuka diharapkan dapat berubah sesuai dengan perkembangan jaman, dan menjadi organisasi pembelajar yang tak pernah lekang oleh waktu.(han/red)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...