140 Paskibraka Akan Tampil Dalam Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 71 Di Alun-Alun Klaten.

Wakil Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengukuhkan anggota Paskibraka
Klaten Mattanews.com
– 140 anggota Paskibrata Kabupaten Klaten, Jawa Tengah akan bertugas dalam rangka upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke 71, di alun-alun Klaten Rabu (16/6). Sebelum bertugas 140 anggota Paskibraka yang terdiri dari berbagai sekolah SMU yang ada di Klaten ini telah dikukuhkan oleh wakil bupati Hajah Sri Mulyani dihalaman Pemkab Klaten dengan menampilkan dua perwakilan anggota yakni Wahyu Tegar SMANSA dan Anita Putri SMADA Klaten.

Kasi Pembinaan Generasi Muda Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Cahyono Sudibyo, menjelaskan  140 orang anggota Paskibraka yang dikukuhkan merupakan bagian dari sekitar 500 an pelajar yang mengikuti seleksi tahap awal. Sejumlah peserta tersebut berasal dari sekitar 50 an SMA/SMK Negeri dan Swasta Sederajad, dimana  masing-masing sekolah mengirimkan 10 personil putra maupun putri.

Menurut Cahyono anggota yang terpilih adalah mereka yang lolos  seleksi Administrasi, kesemaptaan dan teori dan praktek Pengetahuan Baris Bernbaris (PBB). Yang langsung diikuti dengan latihan intensif dengan pembina 6 anggota TNI, Polri dan dari Dodiklatpur. Terkait dengana prestasi anggota Dibyo menjelaskan tahun ini Klaten mengirim dua personil, satu diantaranya atas nama Marlinda SMANSA Cawas yang lolos menjadi anggota  Paskibraka  propinsi Jawa Tengah.
Anggota Paskibraka saat mencium sang merah putih
Bupati Klaten dalam sambutan yang dibacakan Wabup hajah Sri Mulyani mengatakan, menjadi anggota Paskibraka patut Bangga karena mendapat kehormatan dan kepercayaan yang tinggi  untuk mengemban tugas mulia sebagi Pengibar Bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2016. Sehubungan hal tersebut Pemkab Klaten menyampaikan ucapan selamat bagi anggota Paskibraka yang baru dikukuhkan.

“tidak semua pelajar memiliki kesempatan menjadi anggota Paskibraka karena harus lolos seleksi ketat baik mental dan fisik serta kemampuan wawasan kebangsan yang tinggi. Untuk itu saya pesan agar prestasi ini dapat dipertahankan dan disertai dengan presatsi yang lain”, ujarnya

Sementara ketua umum panitia HUT Pemda yang juga HUT Kemerdekaan RI ke 71 Pemkab Klaten Drs Bambang Sigit Balak Sinugroho MM menjelaskan untuk tahun ini semua perlengkapan dan keperluan anggota Paskibraka Klaten ditanggung dan dibeayai Pemda.” Seluruh seragam mulai dari baju, sepatu dan lainnya ditanggung Pemda, dan menjadi hak milik anggota. Biar seragam yang mereka dapatkan saat bertugas sebagai Paskibraka menjadi kebanggaan dan kenangan mereka”, ujarnya. (han/red)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...