Ronaldus Febian HS. Juara Pertama Dalang Cilik Versi Kejaksaan Negeri Klaten.

Bupati Klaten Hj.Sri Hartii didampingi Kajari Klaten serahkan hadian pemenang dalang cilik Klaten
Klaten Mattanews.com Ronaldus Febian Hendri Setiawan keluar sebagai juara pertama lomba dalang cilik yang digelar kantor Kejaksaan negeri Klaten yang diadakaan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kejaksaan ke 56. Ronaldus berhak atas tropi Kajari serta menerima uang pembinaan.

Tampil sebagai juara II . Arsaradja Kwartana Surya P. Juara tiga Christoper Setoyudo Wibowo. Sedangkan tingkat remaja di menangkan oleh, Yohanes Axel Agung Wicaksono, Muhamad Faisyurohman, dan Nurshian Rahman Pratama.

Kepala Kejaksaan Negeri Klaten, Sugeng Hariadi menjelaskan berbagai kegiatan di lakukan dalam rangka memperingati hari jadi Kejaksaan mulai dari bakthi sosial hingga kegiatan olah raga serta penyuluhan hukum. Termasuk didalamnya lomba cerdas cermat tingkat SMP. "Lomba dalang cilik di bagi dalam dua katagori, yaitu dalang cilik tingkat anak dan lomba dalang tingkat remaja. Saya berharap akan muncul kembali dalang kondang dari Klaten" ujar Kepala Kejari.


Menurut kepala Kejaksaan, selain mendapatkan penghargaan berupa tropy juara para pemenang lomba dalang cilik juga mendapatkan uang pembinaan. Adanya lomba dalang cilik tersebut merupakan salah satu upaya dari kejaksaan negeri Klaten untuk melestarikan dan mengangkat tradisi luhur Klaten.
Para dalang cilik Klaten calon pengganti alm Ki Narto Sabdo
Menanggapi lomba dalang cilik tersebut menurut Supriyono (70)  kakek dari Nurshian Rahman Pratama, salah satu pemenang lomba dalang , sangat baik untuk pengkaderan dalang yang ada di Klaten sehingga kedepannya Klaten tetap memiliki dalang dan di kenal oleh masyarakat luas."Lomba-lomba seperti ini harus sering di adakan, agar kedepannya di peroleh dalang yg memiliki kwalitas se kelas Ki Narto Sabdo ataupun Ki Warseno Slenk” Katanya.

Sementara Bupati Klaten Hj Sri Hartini mengapresiasi dengan apa yang dilakukan Kejaksaan negeri Klaten mengingat Klaten selama ini dikenal sebagai kota dalang. Banyak dalang Klaten lahir dari Klaten seperti alm Narto Sabdo, Ki Anom Suroto, warseno Slenk dan lainnya.

“Dengan semakin seringnya diadakan pagelaran wayang kulut dan memposisikan dalang cilik, kita berharap akan muncul kembali dalang kondang dari Klaten sebagai penerus mereka. Kita berharap akan muncul Narto Sabdo dan Anom Suroto yunior dari Klaten”, ujar Bupati.(hil/red)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...