Gerebeg Syawal Jimbung Klaten Arak 37 Gunungan Ketupat Di Bukit Sidogoro (Toris)

Bupati Klaten Hj Sri Hartini SE menyerahkan ketupat pada warga
Klaten Mattanews.comBupati Klaten Hj Sri Hartini Rabu (13/6) membuka resmi perayaan tradisional gerebg Syawalan (Njimbungan) di puncak bukit Sidogora, Krakitan Bayat Klaten. 37 gunungan yang terbuat dari ketupat dan hasil bumi diarak untuk dibagikan kepada warga dan para penonton yang hadir.

Hadir mendampingi Bupati Klaten Hj Sri Mulyani wakil Bupati, Muspida Klaten antara lain Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan serta para pejabat eselon II jajaran pemkab Klaten. Acara yang berlangsung sekitar pukul 9.30 tersebut berjalan meriah dihadiri sekitar 2000 pengunjung dengan hiburang orkes dangdut dan campur sari.
Anak tak mau kalah ikut rebutan ketupat
Bupati Klaten saat diwawancari wartawan menjelaskan tradisi Njimbungan atau syawalan di komplek bulus Jimbung dan waduk Rowo Jombor adalah salah satu budaya peninggalan nenek moyang yang masih ada di Klaten. Untuk itu menjadi tanggung jawab kita semua masyarakat Klaten khususnya warga Jimbung dan Krakitan untuk tetap bisa mempertahankan tradisi budaya yang sarat dengan nilai sejarah dan tuntunan.

“Ini adalah asst kita disektor pariwisata. Aset ini bisa lebih menggaung jauh kemana-maka, manakala dikelola dengan baik. Untuk itu saya berharap semua masyarakat Klaten khususnya dinas Pariwisata untuk lebih menggali potensi-potensi yang ada, agar syawalan bisa lebih berkembang dan punya greget, sehingga mampu menjadi aikon wisata Klaten dan sumber pendapatan daerah”, ujar Bupati.
Gunungan ketupat siap dibagikan warga
Menurut Bupati di Klaten masih banyak potensi alam wisata yang belum tergarap dengan baik. Seperti Sinongko, Ndelles lereng Merapi, umbul Cokro dan lainnya. Padahal lanjut Bupati jika semua potensi wisata Klaten bisa digarap dengan baik benar dan profesional, akan meningkatkan ekonomi masyarakat disekitarnya dan tentunya peningkatan PDA Klaten.(tev/hil)    
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...