Prestasi Membanggakan. Siswa SMK Negeri 2 Klaten Bisa Bikin Mobil.

Para siswa SMK Negeri 2 Klaten siap merakit mobil
Klaten Mattanews.com – Sebuah prestasi bertaraf Internasional kembali ditunjukkan oleh putra putri daerah. Kali ini dipersembahkan oleh para siswa SMK Negeri 2 Klaten yang siap membuat (merakit) mobil bertipe colt pickup yang kedepannya bisa dijadikan sebagai mobil rakyat guna membantu para petani dalam pendistribusian hasil pertanian.

“Anak – anak disini bertugas untuk merakit body mobil hingga pengecatan. Proses selanjutnya assembling kendaraan  kita kirim ke SMK Negeri 2 Solo higga pada pengujian kendaraan di Solo Techno Park ”, demikian dijelaskan penanggung jawab program yang juga ketua jurusan teknis kendaraan ringan SMK Negeri 2 Klaten Suharto S.pd.
Suharto penanggung jawab program
Menurut Suharto jenis kendaraan yang dirakit anak-anak didiknya berjenis pickup dengan kekuatan mesin 1000 cc. Mesin 4 slinder ini nantinya akan menggunakan mesin impor dari Cina yang relatif murah agar harga terjangkau di pasaran yakni sekitar Rp 70 juta/unit. Mobil pedesaan ini diharapkan mampu diterima warga pedesaan khususnya para petani dan pengerajin dalam upaya memaksimalkan hasil produksi.

Menurut Suharto untuk mencapai prestasi ini para siswa kelas 2 dan 3 mendapat pelatihan selama 1 bulan. Untuk sementara siswa baru bisa menyelesaiakan 1 unit mobil dalam dua hari.” Untuk tahap awal anak-anak memang baru mampu menyelesaikan 1 unit mobil dalam dua hari, walau para siswa sudah sering melakukan uji coba membuat mobil. Dan ini kali pertama SMK Negeri 2 melakukan kerja sama dengan Dinas perindustrian pusat”, ujarnya.
Bupati Klaten Hj Sri Hartini bersama Endang Sekerti
Bupati Klaten Hj Sri Hartini yang hadir dalam acara tersebut Jum’at ( 17/6) mengaku bangga atas prestasi luar biasa para siswa SMK Negeri 2 Klaten yang mana meraka adalah putra putri terbaik Klaten. Untuk itu Bupati berpesan agar prestasi membanggakan tersebut hendaknya bisa ditumbuh kembangkan sehingga dengan kreativitas yang penuh inovasi dan profesional hasil karya yang diciptkan lebih bisa diterima masyarakat.

“Apa yang kita lihat saat ini adalah bukti jika kemampuan putra daerah tak kalah hebatnya dengan tenaga asing. Prestasi membanggakan ini hendaknya bisa dijadikan motivator bagi para pendidik dan SMK Negeri 2 untuk lebih intensif menjalin kerja sama dengan dinas terkait, dalam hal ini Dirjen IMLATE kementrian perindustrian agar kemampuan para anak didik bisa digali secara optimal”, harapnya.(red/get)   


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...