Oleh-Oleh TMMD Desa Panggang Mulai Kembangkan Tanaman Hidroponik

Bu lurah dengan tanaman hidroponiknya
Klaten Mattanews.comSaat ini trend tanaman hidroponik mulai mewabah di masyarakat. Khusunya warga di perkotaan yang memang tidak memiliki lahan cukup untuk bercocok tanam. Tanaman yang tidak membutuhkan lahan luas dan media tanah ini memang mulai disukai karena selain praktis, irit tanaman ini cepat untuk dipanen.

Di Klaten budidaya tanaman hidroponik mulai dikembangkan di desa pangang, Kecamatan Kemalang Jawa Tengah. Diprakarsai Sri Susilowati Msi yang tak lain istri kepala desa, warga kini mulai mengembangkan usaha sayuran organik ini.

“Harapan kami, warga mulai tergugah untuk bercocok tanam dengan model seperti ini. Karena selain irit dan praktis, dengan budidaya ini, minimal kita bisa mencukupi kebutuhan sayur mayur sendiri tanpa harus belanja, sebelum usaha ini bisa kita jadikan komoditas untuk dijual di pasar”, ujar Sri Susilowati.
Dandim Klaten Letkol Inf Bayu Jagad saat tinjau tanaman Hidroponik warga
Menurut Susilowati upaya budi daya tanaman hidroponik yang dikelolanya diminati oleh para prajurit TNI yang mengadakan TMMD di desanya beberapa waktu lalu. Para prajurit TMMD yang kebetulan masih tinggal diasrama tersebut begitu antusias belajar tentang hidroponik dan akan dikembangkan di markasnya masing-masing.

Berkembangnya kegemaran warga Panggang untuk berbudidaya tanaman hidroponik menurut Susilowati tak lepas dari peran bapak Komandan Kodim Klaten Letkol Inf Bayu Jagad yang terus memberi motifasi bagiamana kita bisa mandiri dan berwira usaha yang menghasilkan. Dan salah satu motivasi yang diberikan beliau adalah berbudidaya sayuran hidroponik seperti, kangkung, lobak, selada, tomat serta tanaman mint. (red)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...