Jelang Lebaran Tukang Emas Diserbu Pelanggan.

Kemasan mulai diserbu pelanggan
Klaten Mattanews.com -  Mendekati hari raya Idul Fitri, kemasan (tukang emas) dilantai III pasar gede kota (tiga lantai) Klaten Jawa Tengah mulai diserbu pelanggan. Mereka datang untuk memperbaiki (nyepuhke) perhiasan emasnya agar tampak lebih cemerlang. Semua dilakukan demi tampil beda saat berkumpul bersama keluarga dan teman di hari lebaran nanti.

“Lumayan mas, jelang lebarang pelanggan meningkat jika dibanding hari – hari biasa. Umumnya mereka memperbaiki (nyepuhke) atau mencuci perhiasan emasnya atau kuningan agar warnanya tampak lebih cemerlang dan tampak baru”, demikian ungkap Sudarsono (57) tukang emas yang sudah  mangkal di lantai III pasar gede Klaten sejak pasar Klaten berdiri.

Pada hari hari biasa lanjut Darsono pelanggan yang datang untuk memperbaiki emas rata-rata 6 hingga 10 orang. Pada umumnya mereka mencucikan atau nyepuhke perhiasaannya baik emas atau logam lain, seperti perak, atau imitasi lainnya. Kini menjelang lebaran konsumen bisa dua kali lipat dibanding hari biasa.
Mas Darsono sejak tahun 1989 menggeluti dunia kemasan
Ongkos mencuci atau nyepuhke emas lanjut Darsono hanya Rp 10.000/ unit perhiasan dilihat dari besar kecilnya barang yang akan di sepuh. Sementara untuk reparasi atau mematri emas yang putus atau rusak antara Rp 10.000 hingga Rp 25.000 tergantung tingkat kerusakan. Selain mencuci dan mematri perhiasan, Darsono juga menerima pembuatan perhiasan sesuai permintaan. Dalam hal ini pemesan bisa membawa bahan emasnya sendiri, dengan ongkos pembuatan berkisar Rp 75.0000 hingga Rp 250.000 tergantung tingkat kesulitan.

Menurut Warga Barenglor Klaten Utara yang menekuni profesi kemasan sejak tahun 1989 ini, tidak semua yang datang ketempatnya memperbaiki perhiasan emasnya. Tak sedikit yang datang untuk mencuci atau nyepuhke perhiasan non emas agar tampak seperti emas. “ Walau bukan emas setelah kita sepuh dengan lapisan emas, perhiasan tampak seperti emas  walau hanya lapisan luarnya saja”, ujar Darsono. (get)
Share on Google Plus

Salam Unknown

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...