Berkat TMMD Jalur Evakuasi Mulus.sayurpun Bisa Langsung Ke Pasar.

Jalan Utama menuju puncak merapi membelah desa Panggang
Klaten Mattanews.com – Jalur evakuasi yang mulus, transportasi lancar, hasil ladang yang siap angkut dan suasana desa yang asri dan guyup, itulah suasana desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Klaten Jawa Tengah. Desa diselatan lereng Merapi ini memang jauh berbeda dengan Panggang tempo hari. Program sebulan TMMD reguler manunggal 96 di desa panggang ini memang mampu “menyulap” desa yang berjarak 8 kilometer dari puncak Merapi menjadi desa yang lebih hidup, maju dan bergirah.

“TMMD kemarin mampu merubah segalanya di desa panggang. Warga semakin guyup rukun, petani kembali bersemangat untuk menggarap ladang sayuran, demikian pula kemauan untuk berwiraswasta. Semua itu karena peran satgas TMMD kemarin tak hanya menyentuh bangunan fisik. Namun pembangunan non fisik seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, motivasi usaha, pendidikan dan keagamaan serta wira usaha mampu menyentuh warga untuk gumregah cancut tali wondo saiyeg sak eko proyo bekerja dan berkarya” ujar Kepala Desa Panggang Nandang Nuryanto.
Betonisasi jalur evakuasi sepanjang 2 kilometer lebih
Panggang memang telah berubah. Betonisasi sepanjang lebih dari 2 kilometer yang memanjang dari jalan besar masuk hingga kepedalaman kampung, merupakan proyek spektakuler bagi warga karena memiliki manfaat yang luar biasa. Jalan tersebut merupakan jalur evakuasi paling cepat jika ada bencana Merapi dan merupakan jalan yang bisa diakses para petani sayuran untuk mengangkut hasil pertanian dari ladang langsung ke pasar gede Klaten, Jogya atau Solo.  

Sementara dalam kehidupaan sehari-hari, kepedulian warga terhadap kesehatan, pelestarian alam, wawasan kebangsaan serta kesadaran hukum semakin tinggi. Hal tersebut bisa dilihat kesadaran warga untuk membuat sarana MCK yang benar dan sehat mulai tumbuh. Warga tak lagi sembarang menebang pohon untuk mencari kayu bakar, kegiatan kamling dan ronda malam, semua berjalan baik. Itulah desah dan denyut kehidupan desa Panggang pasca digekarnya program TMMD.
Camat Kemalang Priharsanto dan Danramil Kap.Inf Jatmiko
Camat Kemalang Priharsanto saat ditemui mengakui setelah ada TMMD denyut perekonomian dan geliat hidup masyarakat Panggang memang mulai mengalami perubahan. Banyaknya bangunan fisik yang dibangun serta penyuluhan dan wawasan yang selalu diberikan satgas TMMD telah mampu meribah pola pikir dan pola hidup warga panggang. Sehingga dinamika warga panggang kini semakin hidup dan penuh semangat. ” Terima kasih berkat TMMD dan banatuan semua pihak yang terlibat telah membuat warga panggang memiliki etos kerja dan semangat hidup lebih baik”, ujarnya.

Disisi lain Danramil Kemalang Kapten Inf Jatmiko merasa terharu atas sambutana dan peran aktif warga Panggang selama pelaksanaan TMMD.”Totalitas warga dalam membantu dan berbaur dengan parjurit modal utama kami untuk tetap semangat bekerja”, tegasnya.(ndim/red) 


 
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...