Akhir Juni Prona Selesai. Tak Ada Pungutan, Semua Ditanggung Pemerintah.

Kepala Kantor BPN Klaten Cahyono
Klaten Mattanews.com – Program pensertifikatan massal Prona di Kabupaten Klaten Jawa Tengah akhir bulan Juni 2016 dipastikan rampung secara keseluruhan. Dari 2000 bidang yang dikerjakan saat ini sudah mencapai 70 persen.

“ Bisa saya pastikan untuk proyek pensertifikatan melalui Prona akan selesai akhir bulan ini. Klaten dengan kuota 2000 bidang yang dikerjakan untuk tahun ini, kami pastikan tujuh puluh persen sudah selesai dan akan rampung semua akhir Juni tahun ini”, demikian disampaikan Kepala Kantor BPN Klaten Cahyono dalam laporannya kepada Bupati Klaten Hj Sri Hartini Jum’at saat penyerahan sertifikat tanah untuk warga di lapangan Sedayu Tulung. (3/6).

Menurut Cahyono dalam program pembuatan sertifikat Prona  warga tidak dikenai beya sepeserpun. Semua beayaa pembuatan sertifikat ditanggung negara melalui dana APBN. Kantor BPN tidak menarik beaya sepeserpun. Sehingga jika dilapangan muncul issu penarikan, dipastikan itu bukan BPN.

Terkait tanah bekas kebon kopi milik kolonial Belanda yang kini sudah bersertifikat atas nama warga, Cahyono menegaskan pensertifikatan bisa dilakukan selama tanah tersebut masih berupa tanah tegalan atau pertanian. Namun jika diatas tanah tersebut sudah berdiri bangunan, kantor atau tempat tinggal, menurut Cahyono warga  hanya bisa memiliki melalui program Prona.(ist/red)
  
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...