65 Unit Armada Ambulance Disiagakan Pemda Klaten Guna Layani Pemudik 24 Jam.

Sekda Klaten didampingi Plt Ka Dinas Kesehatan dr Cahyono
Klaten Mattanews.com
Sebanyak 65 unit kendaraan ambulance disipakan pemda Klaten guna memberi layanan kesehatan selama lebaran, guna mengantisipasi kondisi darurat selama terjadi arus mudik dan arus balik.  Apel siaga ambulance di halaman Pemkab Klaten dipimpin langsung oleh Sekda Klaten Jaka Sawaldi dan Plt Dinas Kesehatan dr. Cahyono. Jumat (24/6)

Kegiatan tersebut di lakukan untuk mengetahui secara pasti kesiapan fisik kendaran dan perlengkapan kesehatan di ambulance dalam menghadapi mudik lebaran tahun ini. Kesiapan aramada merupakan salah satu penunjang kelancaran pelayanan pada masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran.

Apel  di ikuti oleh 65 ambulance terdiri dari 35 unit dari Puskesmas, 11 unit dari rumah sakit Negeri dan swasta di Klaten dan 20 unit dari Poliklinik yang beroprasi di wilayah Klaten. Hasil dari apel tersebut di nyatakan bahwa aramda Ambulan dan tenaga Kesehatan siap beroprasi menghadapi musim mudik dan lebaran.

Sekda H Jaka Sawaldi dalam penjelasan mengatakan, musim Mudik Lebaran tahun 1437 H/2016 M mendatang Pemkab bekerjasama dengan instansi terkait akan membuka Posko pelayanan kesehatan bagi pemudik. Posko pelayanan sebanyak 6 unit tersebar di jalur tretegis mulai Prambanan hingga Delanggu tersebut akan menjalankan tugasnya H-5 hingga H+5 lebaran.

“ Enam Posko dimaksud berada di Prambanan, Terminal Ir Sukarno Buntalan Klaten Tengah, Masjid Agung Al Aqsha Jonggrangan Klaten Utara, Terminal Penggung Ceper dan Sub Terminal Delanggu ditambah satu Posko di dekat RSPD Klaten “ jelasnya.

Terkait, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten dokter Cahyono saat ditemui ditengah acara Apel mengatakan, Setiap Posko kesehatan disiapkan masing-masing sebanyak 4 orang, terdiri seorang dokter dua orang perawat dan seorang pengemudi mobil ambulan. Sehingga keseluruhan Jumlahnya mencapai ratusan orang, karena setiap hari petugas jaga pelayanan dilakukan melalui  3 sif.

“ selain membantu pelayanan darurat, ambulance juga siap mengantar dan memberi rujukan ke rumah sakit terdekat yang diinginkan. Selain itu 15 Puskesmas yang ada dipinggir jalan utama dan jalan alternatif siap 24 jam guna memberi layanan kesehatan bagi pemudik”,  “ tambahnya.(hil/red)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...