Yayasan Tirto Kencono Bagikan 17 Kambing Etawa Untuk Warga Ngasem.

Warga menerima bantuan kambing Etawa
Klaten Mattanews.com - Sebagai wujud kepedulian, Yayasan Tirto Kencono membagikan 17 ekor kambing Etawa kepada warga di dusun Ngasem, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Sabtu siang (14/5). Kambing yang didatangkan langsung dari Kali Gesing, Kabupaten Purworejotersebut terdiri dari 15 kambing betina dan 2 ekor kambing jantan.

Ketua Yayasan Tirto Kencono, Suratin Eko Supono menjelaskan, bantuan kambing ini sebagai bentuk dono roso anggota Yayasan Tirto Kencono kepada petani agar masyarakat bisa lebih mandiri. Lebih lanjut Suratin menjelaskan kambing-kambing yang diserahkan kepada masyarakat tersebut merupakan hasil donatur para penegak hukum di Jakarta yang pengelola yayassannya berpusat di dusun Bugel, desa Krakitan Kecamatan Bayat Klaten.

17 ekor kambing yang diserahkan tersebut dikelola dengan cara digadoh, artinya petani yang dipasrahi kambing diminta mengelola kambing dengan profesional. Kambing betina diprediksi mampu mimiliki anak atau cempe selama 12 tahunan. "Setiap 7-8 bulan kambing bisa punya anak  sehingga warga yang belum dapat nantinya akan kebagian”, ujar Suratin.

Selain menyerahkan bantuan kambing Kali Gesing, Tim juga membawa seorang dokter hewan untuk memberikan pengarahan agar kesehatan dan stamina kambing bantuan tetap kuat dan bisa menyesuaikan diri di lingkungan baru. Selain itu juga diberi pengarahan tentang berternak dan merawat kambing kambing Kali Gesing.(ndi)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...