Patung Sang Proklamator Berdiri Gagah Di Terminal Bus Ir.Soekarno Buntalan

Patung sang Proklamator RI. Ir. Soekarno
Klaten Mattanews.com – Sebuah patung gagah terpasang di pintu masuk area terminal bus Ir Soekarno Buntalan Klaten Jawa Tengah. Patung sang proklamator Ir Soekarno setinggi 4,75 meter tersebut terbuat dari perunggu dengan dominasi waran gelap siap kini memasuki tahap finishing akhir berupa pengecatan tiang peyangganya.

Kepala DPU Klaten M.Mursid melalui Kabid petamanan dan kebersihan M. Sodik menjelaskan pemasangan patung presiden pertama RI tersebut membutuhkan waktu 40 hari. Dan kini prosesnya sudah mencapai fase akhir dan siap diresmikan.

Untuk profile patung itu sendiri lanjut Sodik terbuat dari bahan perunggu dan didesain oleh tim Pasren agar wajah dan profil patung bisa menyerupai sosok aslinya. Wajah patung diambilkan saat sang tokoh ada di kisaran usia 50 tahun. Menurut Sodik total tinggi patung dan peyangga sekitar 8,74 meter. Dengan perincian tinggi patung 4,75 meter dan tinggi tiang penyangga 4 meter. Anggaran yang dikelurkan guna pembuatan patung tersebut mencapai Rp 470 juta.  

Pembuatan dan penempatan patung Ir Soekarno di jalan tersebut lanjut Sodik merupakan satu rangkaian dari pembuatan terminal bus Ir Soekarno yang sudah ada serta penggantian nama jalan Rowo Jombor menjadi jalan ir Soekarno.” Pembutan serta pemasangan sudah selesai dan siap diresmikan oleh Bupati”, ujarnya.(jul)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...