Komisi III DPRD Klaten Sidak Gemampir, Urai Masalah Gunungan Sampah Klaten.

Sekretaris Komisi III Edy sasongko bersama anggota di Gemampir
Klaten Mattanews.com – Rabu (4/5) Komisi 3 DPRD Klaten Jawa Tengah meninjau langsung TPA sementara Gemampir, hal tersebut di lakukan untuk memperoleh data maupun fakta lapangan tentang keberadaan TPA Gemampir. Kunjungan dipimpin langsung sekretaris Komisi Edy sasangko dan anggota. Ikut hadir dalam sidak tersebut beberapa petugas dari Dinas PU Klaten. .Seperti yang diketahui, masalah sampah di Klaten sudah mencapai Klimaks, dimana warga sudah mengalami kesulitan untuk membuang sampah. Sementara beberapa Tempat Pengolahan Sampah (TPS) dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) banyak di tolak warga.

"Gemampir sudah di tetapkan sebagai tempat pembuangan sampah sesuai dengan perencanaannya, namun ada beberapa perijinan yang belum selesai. Namun tidak masalah selama proses perijinan sudah dalam tahap penyelesaian" demikian ditegaskan salah satu anggota komisi 3 DPRD Klaten.

Secara lokasi tempat pembuangan sampah Gemampir memang jauh dari pemukiman warga, selain itu, tepat di seberang jurang yang perbatasan dengan wilayah Beteng, Jatinom, dulu juga merupakan tempat pembuangan sampah. Sehingga besar kemungkinan pembuangan sampah akan di lanjutkan di Gemampir sebelum TPS Troketon siap beroperasi.
Diberi penjelasan teknis tentang pengolahan sampah oleh Sriyanto staf PU Klaten
Selama ini pembuangan sampah di Klaten dilokasikan di TPA Jombotan Klaten Tengah dan Joho Prambanan. Namun TPA Jomboran sudah penuh sehingga ditutup dan digantikan ke TPA Joho. Hanya mampu bertahan beberapa tahun TPA Joho juga sudah penuh. Sejak itulah permasalahan sampah muncul di Klaten.

“Sebenarnya sejak TPA Joho habis kontraknya Dinas PU & ESDM sudah mempersiapkan lokasi pembuangan sampah sementara di wilayah Karangdukuh, Jogonalan. Namun pembuangan sampah hanya berjalan beberapa hari karena warga setempat keberatan. sehingga kami hentikan”, ujaar alah satu petugas PU.

Berdasarkan hal tersebut akhirnya pihak DPU & ESDM Klaten mengunakan lokasi Gemampir sebagai tempat pembuangan sampah hal tersebut di lakukan sesuai dengan penetapan yang sudah di rencanakan oleh Pemkab Klaten.(lal/red)
Share on Google Plus

Salam mattanes

3 komentar:

  1. Sampah adalah masalah bersama, maka sebaiknya dicarikan solusi yg mengakomodasi seluruh stakeholder, termasuk dari kalangan akademisi dan para tokoh pemerhati penanganan sampah.

    ReplyDelete
  2. Sampah adalah masalah bersama, maka sebaiknya dicarikan solusi yg mengakomodasi seluruh stakeholder, termasuk dari kalangan akademisi dan para tokoh pemerhati penanganan sampah.

    ReplyDelete

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...