Klaten Masih kekurangan 4500 PNS. Tiap Tahun sekitar 600 Pegawai Memasuki Masa Pensiun

Kepala BKD Klaten Edy Hartanta
Klaten Mattanews.com – Pemerintah Kabupaten Klaten saat ini masih kekurangan sekitar 4500 Pegawai Negeri Sipil. Hal ini disebabkan tiap tahun rata-rata pegawai yang memasuki masa purna tugas (pensiun) mencapai angka 600. Sementara jumlah PNS saat ini di Klaten sekitar 13 ribu tenaga kerja.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Klaten Edy Hartanto menjelaskan kekurangan PNS di Klaten terjadi karena beberapa hal. Pertama tiap tahun ada PNS yang pensiun, sementara pengadaan PNS tidak setiap tahun dilakukan. Sehingga hingga saat ini Klaten kekurangan sekitar 4500 tenaga kerja PNS dari beragai bidang.

“Dari jumlah tersebut yang paling banyak berasal dari tenaga pendidik, medis dan umum. Dan saat ini kita sudah mengajukan sekitar 4500 calon PNS dari beragai bidang ke Menpan untuk bisa diangkat sebagai pegawai negeri Sipil”, demikian ditegaskan Edy Hartanto diruang kerjanya.

Menurut Edy yang paling mendesak dalam pengadaan tenaga kerja adalah tenaga pendidik. Karena dari data yang ada Klaten masih kekurangan sekitar 3000 tenaga pendidik disusul tenaga medis dan lainnya yang mencapai angka 1500 personil.   

Sementara itu dari data yang ada jumlah pegawai negeri sipil di jajaran Pemda yang memasuki masa pensiun tiap tahunnya mencapai angka 600 personil. Untuk tahun 2014 jumlah PNS yang pensiun ada 675 orang. Tahun 2015 ada 590 dan pada tahun ini diperkirakan juga mencapai angka 560 yang berasal dari berbagai SKPD.(red)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...