Kirab Budaya Wulu Pametu Di Bumi Sidorejo Lereng Merapi. Aset Yang Terabaikan.

Kirab gunungan hasil bumi di desa Sidorejo Kemalang lereng Merapi
Klaten Mattanews.com – Sebuah kirab budaya sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa digelar di bumi Sidorejo, Kecamatan Kemalang Jawa tengah Senin (23/5). Di desa yang hanya berjarak 4 kilometer dari puncak Merapi ini dipentaskan beberapa kesenian tradisional serta upacara budaya bertajuk KIRAB BUDAYA WULU PAWETU. Sebuah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Masyarakat Desa Sidorejo yang sudah ada sejak jaman nenek moyang hinggi kini.

Dalam acara ini digelar berbagai kegiatan sosial budaya mulai dari kegiata gotong royong bersih desa, pagelaran kesenian tradisional seperti tari, krawitan, jatilan, wayangan, kirab gunungan hasil bumi serta tirakatan di pesanggrahan PB X dan dimakam Ngajaran yaitu petilasan Ki Hajar Merto Eyang Gotro atau Ki Mloyopati, serta pagelaran wayang kulit semalama suntuk dengan lakon Semar mbangun kayangan.

Kegiatan tahunan ini mendapat respon luar biasa dari warga setempat. Ribuan warga serta wisatawan lokal dan luar negeri datang untuk menyaksikan acara tersebut. Umumnya mereka sengaja datang karena ingin melihat dari dekat puncak Merapi serta keindahan obyek wisata Delles di kaki Merapi dengan pemandangannya yang indah.
Obyek wisata Delles 4 kilometer dari puncak Merapi kini merana
Sabar Sukisman salah satu tokoh masyarakat setempat berharap budaya dan kearifan lokal yang ada di bumi lereng Merapi ini mendapat perhatian serius dari pemerintah dalam hal ini dinas pariwisata Klaten agar bisa menjadi aset wisata Merapi yang bisa dibanggakan.

“Di era tahun 80an keindahan wisata Delles di puncak Merapi sangat terkenal.Namun nama itu saat ini tinggal legenda, karena tidak ada perhatian dari Pemda dalam hal ini dinas pariwisata. Dengan moment ini saya berharap Bupati yang baru, mau menggarap potensi wisata lereng Merapi agar bisa menjadi obyek wisata andalan Klaten.Semua sudah ada disini. Alam yang indah, hutan, puncak Merapi serta hawa yang sejuk. Sehingga jika digarap Klaten akan punya obyek wisata sekelas Kaliurang, Cepogo atau Tawangmangu”.ujarnya berharap.

Sementara itu Camat Kemalang Priharsanto mengakui Kemalang memiliki potensi obyek wisata alam yang luara biasa. Namun diakui semua belum tergarap dengan baik, sehingga belum mampu bersaing dengan obyek wisata pegunungan daerah lain. Namun dirinya berjanji akan menyampaikan hal ini pada Bupati agar keindahan panorama serta alam Merapi bisa meenjadi asset wisata andalan.

“jika daerah lain punya wisata gunung Merapi kenapa Klaten tidak. Lereng timur wilayah Boyolali ada Cepogo, Lereng Barat Sleman ada Kaliurang dibagian utara ada sawangan Magelang, Kenapa Klaten yang diselatan Merapi tidak bisa mengembangkan obyek wisata Delles. Ini jadi tantangan kita semua warga Klaten”, ujarnya. (kis/red)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...