Bupati Klaten Hj Sri Hartini: Semua jalan Di Klaten Harus Mulus Sebelum Lebaran.

Bupati Klaten Hj Sri Hartini
Klaten Mattanews.com – Bupati Klaten Hj Sri Hartini memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Klaten agar segera memperbaiki jalan jalan yang rusak di Klaten. Penegasan tersebut disampaikan dihadapan Rakor Senin,mengingat sebenar lagi sudah memasuki bulan suci Romadhon. Sehingga ketika terjadi arus mudik tidak ada kemacetan di Klaten karena jalan rusak.

“Saya telah perintahkan kepala PU untuk cancut taliwondo (segera tanggap dan bekerja) melakukan perbaikan jalan yang rusak. Jangan sampai pada puncaak arus mudik banyak kemacetan yang disebabkan kerusakan jalan, apalagi di jalur-jalur alternatif. Saya ingin jalan di Klaten mulus pada pertengahan bulan puasa”, tegas Bupati saat ditemui diruang kerjanya Rabu(18/5).

Menurut Bupati dirinya sering mendapat laporan dari masarakat yang mengeluhkan kondisi jalan di Klaten, terutama jalan-jalan alternatif antar kecamatan. Untuk itu dirinya telah memangil kepala PU untuk segera melakukan perbaikan ruas-ruas jalan yang rusak.

Kepala PU Klaten Abdul Mursid saat menjelaskan saat ini pihaknya telah mulai melakukan perbaikan jalan. Beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan sudah dalam tahap pengerjaan. Namun karena anggaran terbatas, maka yang dapat dilakukan PU hanya  melakukan pemeliharan dan perawatan jalan.
Kepala PU Klaten Abdul Mursid
“Anggaran pemeliharaan jalan sangat terbatas mas tahun ini hanya Rp 6 milliar, sementara total kerusakan jalan diKlaten mencapai 30 persen dari total panjang jalan di Klaten yang ada di Klaten sekitar 770 Kilometer. Untuk itu kami melakukan scala prioritas pengerjaan untuk jalan tertentu yang penting seminggu sebelum lebaran jalan di Klaten sudah ready untuk dilewati”, ujarnya.

Jalur yang akan mendapat scala prioritas lanjut Mursid, diutamakan jalur-jalur alternatif lebaran yang selalu dipadati kendaraan jika terjadi arus mudik. Seperti Prambanan Cawas lewat jalur Gantiwarno dan Wedi. Prambanan Karanganom melalui jalur Manisrenggo- Kemalang – Karangnongko. Klaten Gunung Kidul melalui jalur Klaten – Wedi Bayat atau jalur Klaten Trucuk – Cawas. Jalur Pakis Delanggu – Sukoharjo, Jalur Klaten Sukoharajo melalui Ceper – Pedan dan karangdowo. Serta jalur – jalar lainnya.

“Yang jelas semua jalaan yang ada di Klaten kita perbaiki dan kita rawat demi kelancaran arus lalu lintas baik pra lebaran atau pasca lebaran. Memang ada jalan yang mendapat scala prioritas karena jika rusak akan berdampak kemacetan panjang jika terjadi arus mudik. Yang jelas guna perawatan yang lebih intensif kita akan minta tambah anggaran. Karena idealnya anggaran pemeliharaan jalan sekitar Rp 11 milliar per tahun”, tegasnya (red/njul)  

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...