Bupati Hj Sri Hartini SE Pastikan Tahun Ajaran baru 2016-2017 Sekolah Masuk 6 Hari.

Bupati Klaten Hj Sri Hartini SE saat sidak pelaksanaan ujian sekolah
Klaten Mattanews.com -  Rekomendasi komisi IV DPRD Klaten tentang 6 hari masuk sekolah bagi siswa SD hingga SMP mendapat respon positip dari Pemerintah. Bupati Klaten Hajah Sri Hartini SE memastikan akan mengembalikan jam sekolah seperti dulu, setelah mempelajari dan mengevaluasi program 5 hari ternyata kurang efektif dan tidak maksimal.

“Kita pastikan dalam tahun ajaran baru nanti, jam belajar siswa sekolah mulai SD hingga SMU kita kembalikan seperti semula yakni 6 hari masuk. Hasil evaluasi selama ini program 5 hari masuk memang kurang efektif dan banyak membuat siswa kehilangan waktu belajar. Sehingga waktu belajar dirumah atau libur justru digunakan anak-anak untuk kegiatan yang kurang mendidik”, demikian ditegaskan Bupati Klaten Hajah Sri Hartini SE kepada wartawan.
Eko Loket Prasetyo sekretaris Komisi IV DPRD Klaten
Menurut orang nomor satu di Klaten ini, banyak sekali masukan yang diterima, baik dari kalangan pendidik, orang tua murid dan temuan anggota Dewan yang melakukan reses, dimana dengan program 5 hari masuk sekolah justru membuat daya pikir siswa merosot dratis. Dan paling mengerikan mental, budi pekerti dan perilaku anak-anak sekolah cenderung kearah perbuatan kurang baik, karena dua hari libur tidak digunakan untuk belajar tapi malah digunakan untuk acara kumpul-kumpul yang tidak bermanfaat.

“Saya banyak mendapat laporan, jika perilaku anak-anak sekolah saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Waktu libur dua hari Sabtu dan Minggu justru digunakan untuk nongkrong atau kegiatan yang kurang tepat, seperti kebut-kebutan atau yang lain. Haal inilah yang harus kita cegah. Peran semua komponen masyarakat harus lebih dipotimalkan. Baik orang tua, guru,tokoh agama, pegiat pendidikan, agar tidak terjadi degradasi moral pada anak-anak”, tegasnya.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Klaten Andi Purnomo SH didampingi sekretaris Komisi Eko Loket Prasetyo menegaskan rekomendasi komisi yang dipimpinnya untuk mengembalikan jam sekolah anak sudah final. Menurut Andi banyak masukan yang diterima komisinya baik melalui laporan dan hasil temuan reses dilapangan yang semuanya ingin agar sekolah kembali masuk 6 hari.
Andi Purnomo SH Ketua Komisi IV DPRD Klaten
“Saya kira banyaknya temuan dari reses dilapangan serta keluhan orang tua murid dan tenaga pengajar tentang kelemahan 5 hari masuk sekolah, bagian dari masukan Komisi yang saya pimpin untuk merekomendasikan agar sekolah kembali masuk 6 hari”, ujar Andi Purnama SH.

Menurut Andi menurunya aqlag, budi pekerti serta perilaku anak-anak sekolah saat ini sehingga berperilaku kurang baik, bagian dari dampak banyaknya hari libur untuk anak. Sehingga waktu luang sabtu dan Minggu justru digunakan untuk kegiatan yang kurang baik.”Saya berharap Bupati segera memutuskan hal ini sehingga tahun ajaran baru sekolah sudah masuk 6 hari”, harapnya.(red/jul)     
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...