Wong Kok Senenge Adol Rai Broooo......

Topeng selalu menutup wajah aslinya.
Mattanews.com – Malam hari suasana warung hik nggone cak rikun keporo gayeng alias ramai. Maklum sehari sebelumnya Bupati Klaten yang baru yakni Hajah Sri Hartini dengan wakilnya Hajah Sri Mulyani telah dilantik Gubennur jawa Tegah Ganjar Pranowo. Maka tak heran dimana saja dan kapan saja sosok Srikandi ini menjadi trending topik  di berbagai tempat dan kesempatan.

“Gimana mas teller jare Bupatimu wingi wis dilantik. Wah syukurane tak tunggu lho. Ojo lali aku ndisik melu kowe jadi jangan lupe kalau ada proyek”, gurau lik melok sambil mencari posisi duduk disebalah kang Carok sing sejak tadi wis katrem neng warung Hike cak Rikun karo nrupat-nyruput jah panas.

“Kok baru keliatan bos. Gimana kabare. Katanya punya bisnis baru, mbok kita diajak men ketularan mulya”, tanya kang Carok menyapa mas melok.

“Sepi bro.... semua serba sulit. Arep bisnis opo malah bingung. Bedo karo pakde teler sing wingi masuk ring 1 Bupati. Tinggal ongkang ongkang setoran teko dewe”, jawabnya sajak tanpa beban.

Onkang-ongkang piye Mas... Lha wong saiki okeh pahlawan kesiangan sing pathing jredul. Do golek rai neng ngarepe Bupati. Padahal mereka wingi ora ndukung blas. Malah keporo berada di seberang jalan. ”Aku ngewani ki lahir bathin kok. Nggak punya maksud apa-apa. Opo  meneh pingin jadi makelar kayak mereka-mereka. Maaf- maaf saja. Aku ra iso nglakoni bro...”, jawab pake teller sajak membela diri.  

“ Betul dan tak dukung pakde teller”, potong koh geyong yang ikutan nimbrung di wedangan. Bahkan menurut koh Geyong yang terjadi di birokrasi saat ini ialah perlombaan tari topeg, dimana mereka saling berlomba menari dihadapan Bupati adol rai men slamet jabatane. Padahal mereka dulu semuanya pembangkang yang menusuk dari belakang

Dan menurut koh geyong hal semacam itu wajar dan lumrah. Apalagi jika sudah menyangkut pangkat, jabatan dan nasib. Jangankan wong biasa utowo relawan, pejabat wae ra idep isin, ra nggagas sik penting iso adol rai cerak Bupati.

”Ojo meneh pejabat to kang teller.lha wong tim sukses wae sakniki do sikut-sikutan. Semua cari selamat dan ,”, tambah koh Geyong. Jadi jangan kaget yen saiki okeh pejabat sik adol rai.

“Wah berarti saiki Bupatine dewe ki mung dikelilingi poro pekatik dan sengkuni sing mung arep golek bathi no koh”, tanya cak Rikun ra gelem kalah melu nimbrung sambil menyiapkan jahe panas pesenane mbah Di.

“Ya keliatane begitu mas. Tapi semua tergantung Bupati kok. Yen Bupati tegas, dan niteni, tak kiro wong sing podo adol rai nganggo topeng, atau kemarin pura-pura jadi tim sukses, tapi sebenarnya cuma ingin jadi makelar proyek,  bakale konangan”, lanjutnya.   

“Wah sajak gayeng tur serius ada apa ini. Komplit sisan anggotane. Opo do arep andum proyek po” tiba tiba den baguse nyedul soko mburi sajak bar lungo adoh.

“Iki lho Den, kang teller bar sambat mergo risi lan ora trimo, saiki banyak sekali orang bertopeng golek rai neng ngarepe Bupati. Padahal dalam pilkada kemarin mereka jelas-jelas berada diseberang jalan. Lha kok saiki ngadek neng ngarep dewe jadi pahlawan seolah - olah paling berjasa dan penting”, jawab kang Carok.

“Oooo itu to. Rasah kaget dan nggumun kang teller. Itulah perjuangan, sulit mencari yang sejati dan tulus iklas. Semua semu, semua tipu-tipu dan sarat kepentingan. Baik pejabat atau relawannya. Tapi saya yakin Bupati, piyayi winasis jalmo limpat seprapat tamat  Jadi gak perlu kuwatir broo... ”, jawab den baguse panjul.

Menurut Den baguse fenomena seperti itu wajar dan pasti terjadi disetiap habis Pilkada. Yang perlu diwaspadai dan diawasi ialah munculnya para makelar kodok yang mencatut nama Bupati untuk cari proyek. Karena itulah pengkianat sesungguhnya alias sang penari bertopeng.(panjul)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...